Heboh, Beredar Uji Swab Kedua 'R' Warga Dharmasraya Hasilnya Positif


Ahad, 19 April 2020 - 09:11:34 WIB
Heboh, Beredar Uji Swab Kedua 'R' Warga Dharmasraya Hasilnya Positif Ilustrasi RSUD Sungai Dareh

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Hasil swab test pertama "R" warga Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar, adalah negatif dan hasil swab tes keduanya hasilnya positif. Namun pernyataan resmi dari pemerintah belum ada, sedangkan surat hasil tes swab dari Laboratorium Unand sudah beredar.

Dalam surat bernomor 152.04/PDRPI-FK/2020, perihal hasil pemeriksaan COVID RSUD Sungai Dareh (pemeriksaan tgl 18 April 2020) atas nama "R" dengan nomor laboratorium C37.A13.0002 dengan hasil positif.

Swab test pertama ini dilakukan terhadap R pada Rabu (15/4), sampel darah tersebut dikirim ke Laboratorium Unand, ternyata hasilnya negatif, namun hasil swab tes kedua yang dilakukan pada Kamis (16/4), hasilnya positif. Dengan demikian, sudah dua orang warga Dharmasraya terpapar COVID 19 dengan swab tes positif.

Sebelumnya inisial "J" dinyatakan positif, sedangkan "R" terjadi kontak langsung dengan "J" setelah melakukan bersalaman sehabis shalat magrib berjamaah, dengan demikian, tim gugus tugas memeriksa semua orang yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan "J", ternyata, dari 16 orang yang diperiksa dengan rapid tes, inisial "R" positif.

Maka langkah selanjutnya, tim gugus tugas melakukan pemeriksaan swab tes agar hasilnya lebih bisa dipercaya, karena tingkat kesalahan rapid tes mencapai 60 persen, sedangkan swab tes tingkat kesalahannya hanya 5 sampai 10 persen. (*)

Reporter : Maryadi | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]