Sebelum Ramadan, DPRD Minta Pemko Padang Segera Berikan Bantuan Sembako


Ahad, 19 April 2020 - 11:05:18 WIB
Sebelum Ramadan, DPRD Minta Pemko Padang Segera Berikan Bantuan Sembako Anggota Komisi I DPRD Kota Padang dari Fraksi PKS Pun Ardi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, telah membuat sebagian masyarakat Indonesia kehilangan pekerjaan. Selain itu, pandemi ini juga berdampak pada ekonomi masyarakat yang anjlok.

"Untuk mengatasi hal itu, pemerintahan Kota Padang agar segera bergerak cepat salah satunya dengan memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak oleh virus ini.Namun, bantuan pemerintah Kota Padang sampai hari ini belum juga kunjung cair," ujar Anggota Komisi I DPRD Kota Padang dari Fraksi PKS Pun Ardi, Minggu (19/4).

Ia mengatakan, bantuan pemko ini, memang belum bisa dicairkan, dan perlu kontrol terhadap bantuan itu, sehingga penyalurannya bisa lancar.

“Kami, sudah hubungi pemko, memang belum bisa dicairkan, tetapi diminta untuk segera sebelum bulan Ramadhan ini bisa dicairkan agar masyarakat dapat memanfaatkannya,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada mekanisme tertentu yang harus ditempuh supaya bantuan bisa tersalurkan kepada masyarakat secepatnya. Kendala belum cairnya bantuan, tegasnya, ada pada pendataan di lapangan yang belum selesai.

"Kami, perlu ketahui, bahwa tidak semua masyarakat di Kota Padang ini yang memang benar-benar terdampak, tetapi mereka yang terdampaklah yang akan diprioritaskan dalam bantuan ini,” paparnya.

Kemudian ia juga memberi tahu, bentuk bantuan ini adalah bantuan langsung yang tepat sasaran. Maksudnya, penyaluran bantuan ini bisa melibatkan RT dan RW sehingga bantuan itu bisa tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Misalnya, kepada orang yang pekerja harian seperti buruh lepas, tukang ojek, anak kuliahan, pedagang harian, pegawai mall yang tidak punya gaji tetap itu harus diprioritaskan daripada yang lain,” paparnya.

Anggota DPRD Kota Padang Nila Kartika menghimbau, masyarakat untuk tetap bersabar, bersama berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar virus ini cepat diangkat dan jangan panik dalam kondisi ini.

"Yang perlu ditekankannya adalah, masyarakat harus realistis, jangan berputus asa, dan tetap bersama-sama, saling bahu membahu untuk menolong masyarakat yang membutuhkan," ucapnya. (*)

Reporter : Ade B. Kurniati | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]