Padang Pariaman Jadi Permodelan Penanganan Covid-19 di Sumbar


Ahad, 19 April 2020 - 14:58:28 WIB
Padang Pariaman Jadi Permodelan Penanganan Covid-19 di Sumbar Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Seminar yang bertemakan Mamaga Nagari dari Wabah Covid-19, di Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu malam (18/4) diikuti 168 peserta, termasuk walinagari serta satgas Covid-19 daerah itu.

Kegiatan dilaksanakan secara online (webinar) dimulai pukul 20.00 WIB, merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Padang Pariaman dengan Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Peserta menyimak pemaparan dari para pembicara wabinar, seperti direktur Umum RSUP M Jamil Padang Dr.dr. Dovy Djanas, Sp.OG,KFM, mengupas tentang prosedur penanganan PDP di Rumah Sakit.

Dr.dr.Yefri ZulfikarSp.B.SPU Direktur RS. Universitas Andalas, membahas tentang orang tanpa gejala (OTG) dan petunjuk praktis untuk mengetahuinya. Dr. Rendri Bayu Hasanah, Sp.Pd., FINASIM yang mengupas tentang peningkatan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Pada Webinar tersebut para wali nagari saling berinteraksi langsung dengan para pembicara tersebut dan mereka merasa puas atas penjelasan dari narasumber tersebut.

Menurut Rektor Universitas Baiturrahmah, prof. Musliar Kasim, ditunjuknya Kabupaten Padang Pariaman sebagai pemodelan penanganan Covid-19 ini merupakan yang pertama secara geografis.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Selain itu secara infrastruktur adalah kabupaten yang lengkap sistem koordinasi kesehatan, mulai dari bidan desa sampai ke RSUD Padang Pariaman, sehingga Padang Pariaman paling siap Secara infrastruktur untuk Penanganan Covid-19 ini di Sumatera barat.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, mengapresiasi FK Universitas Baiturrahmah yang telah menjadikan pemodelan Pemerintah daerah ini dalam penanganan Covid-19 di Sumatera Barat.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Diharapkan, seluruh wali nagari sebagai peserta Webinar dapat menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dari Wabinar tersebut. (*)

 

 

Reporter : Trisnaldi | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]