Ada 58 Posko Covid di Payakumbuh untuk Cegah Penyebaran Corona


Ahad, 19 April 2020 - 15:01:49 WIB
Ada 58 Posko Covid di Payakumbuh untuk Cegah Penyebaran Corona Salah satu posko penanganan Covid-19 secara mandiri di tingkat kelurahan di Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Meski sudah ada dua warga yang dimakamkan dengan protap Covid-19, tetapi Payakumbuh terus bergerak untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut agak tidak menyerang warga kota.

Untuk itu, berbagai upaya sudah dilakukan. Salah satunya dengan mendirikan Posko Penanganan Covid-19. Setidaknya, sampai hari ini sudah puluhan posko yang didirikan dan tersebar di berbagai titik kawasan Kota Payakumbuh.

Baca Juga : Polda Sumbar Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI 

"Ada 58 posko yang sudah didirikan,"terang Bakhrizal Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh pada Minggu (19/4) siang. Katanya, 58 posko tersebut, terdiri dari 1 posko induk yang berada di pusat Kota Payakumbuh, 2 posko perbatasan, 8 posko puskesmas dan 47 posko mandiri yang tersebar di kelurahan.

"Posko Covid-19 yang didirikan dijaga oleh petugas gabungan dan juga oleh masyarakat. Untuk posko mandiri, merupakan perpanjangan tangan dari posko puskesmas. Sifatnya pendataan, sosialisiasi dan sebagai tempat edukasi bagi masyarakat kelurahan," ucap Bakhrizal.

Baca Juga : Gubernur Sumbar Sebut Tanaman Serai Wangi Bisa Untungkan Petani

Posko mandiri yang ada di setiap kelurahan, katanya, lebih difokuskan untuk pendataan. Terutama terhadap keluar-masuk warga di masing-masing kelurahan. "Setiap warga yang datang, langsung  didatangi petugas yang berjaga di posko mandiri untuk pendataan. Ini upaya kita bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Payakumbuh," katanya. (*)

Reporter : Dadang Esmana | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]