Tahun Ketiga, PTBA - UPO akan Berangkatkan 5 Mahasiswa Bidiksiba


Ahad, 19 April 2020 - 15:10:04 WIB
Tahun Ketiga, PTBA - UPO akan Berangkatkan 5 Mahasiswa Bidiksiba Yulfaizon, GM PTBA - UPO

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - PT Bukit Asam Unit Penambangan Ombilin (PTBA - UPO) kembali akan mengirim mahasiswa dari keluarga prasejahtera di Kota Sawahlunto, dalam program Bidiksiba ke Politeknik Negeri Malang.

"Tahun ini, Insya Allah khusus untuk Kota Sawahlunto kita mendapatkan kuota lima orang mahasiswa," ungkap GM PTBA - UPO, Yulfaizon kepada harianhaluan.com, Minggu (19/4).

Baca Juga : Dirjen Vokasi Tetapkan ITP jadi Pendampingan SMK Pusat Keunggulan

Saat ini, terang Bapak satu anak kelahiran 1970 itu, pihak perusahaan telah meneri pendaftan dari masyarakat yang berminat, untuk kemudian dilakukan seleksi.

Program Bidiksiba yang dilaksanakan PTBA - UPO ini merupakan bagian perhatian perusahaan dalam memajukan pendidikan serta dalam jangka panjang terjadi perbaikan ekonomi. Membantu calon mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, namun lemah secara finansial.

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Umumkan Hasil Seleksi Dokumen PMB Jalur Prestasi

Jika berhasil dan lolos dalam program Bidiksiba itu, mahasiswa pun diberikan fasilitas yang sangat memadai.

Mulai dari biaya kuliah atau SPP di perguruan tinggi, uang saku bulanan, uang kos, biaya fotocopy, hingga diberikan laptop untuk penunjang perkuliahan.

Baca Juga : Ngabuburit Unik ala Pegiat Literasi 'Merenda' Dharmasraya, Sediakan Buku untuk Masyarakat yang Sedang Menanti Waktu Berbuka

"Target perusahaan dalam program peduli pendidikan melalui Bidiksiba ini, menjadikan mahasiswa sebagai tukang punggung di dalam keluarganya saat tamat nanti," Yulfaizon.
Pria yang sebelumnya mengemban amanah sebagai Direktur Operasi PT Penajam Internasional Terminal, anak perusahaan PT Bukit Asam, di Dermaga Kertapati itu, mengatakan, mahasiswa yang lolos Bidiksiba bisa dikatakan cukup membawa badan dan mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan dengan sebaik mungkin.

Memang, lulusan nantinya tidak dipekerjakan di perusahaan. Namun, PT Bukit Asam berusaha memberikan fasilitas dan dukungan perkulihan dengan maksimal.
Bahkan, dua angkatan sebelumnya yang mengikuti tes di Tanjung Enim, diberikan fasilitas transportasi.

Baca Juga : Butuh Tidak? Sembilan Kabupaten Kota Belum Minta Bankeu Guru Bantu

"Selain itu, perusahaan juga menanggung keberangkatan mereka yang lolos seleksi pulang pergi dari Sawahlunto ke Malang, awal kuliah dan saat pulang ketika sudah wisuda," tambahnya.

Yulfaizon mengatakan, program Bidiksiba yang dilaksanakan PTBA - UPO sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan masyarakat.
"Mudah mudahan perusahaan terus dapat beroperasi dan meningkatkan produksi. Sehingga perhatian untuk masyarakat, khususnya Sawahlunto semakin tinggi," pungkas Bapak satu anak itu.

Sebelumnya, PTBA - UPO pada 2018 memberangkatkan 5 mahasiswa yang saat ini sudah masuk tahun akhir perkuliahan. Sedangkan 2019, mahasiswa yang berangkat sebanyak enam orang. (*)

 

Reporter : Fadil Jayusman | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]