Solidaritas Sosial Obat Ampuh Lawan Penyebaran Covid-19 


Ahad, 19 April 2020 - 19:07:39 WIB
Solidaritas Sosial Obat Ampuh Lawan Penyebaran Covid-19  Megri Fernando, Ketua DPD KNPI Padang

Penulis: Megri Fernando - Ketua DPD KNPI Padang 

Menyikapi makin meluasnya penularan Covid-19, Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando berharap kepada seluruh elemen masyarakat, terutama pemuda untuk dapat bahu-membahu dalam membantu pemerintah menangani pandemi covid 19 ini. Di sela-sela kegiatan penyemprotan desinfektan di Kelurahan Rawang, Meggi yang juga Ketua LPM Rawang menyebut, masyarakat harus kembali membangkitkan rasa kebersamaan.

"Di saat seperti ini kita harus sedapat mungkin membangkitkan semangat gotong-royong dan kesadaran di tengah masyarakat, baik dari segi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini maupun dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan," katanya, Minggu (19/4/2020).

Menurutnya, tiga hal ini harus diatasi secara komperehensif karena tidak akan bisa dibendung dampak sosial dan ekonomi sebelum memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Sedangkan, sejauh ini sebagian besar masyarakat masih terkendala dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupnya sehingga mereka tidak dapat mengindahkan imbauan pemerintah yang meminta masyarakat untuk tetap diam di rumah.

"Saya yakin Pemerintah Kota (Pemko) dan lapisan terkait saat ini sedang bekerja keras dalam menanggulangi situasi ini. Kita juga seharusnya saling bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan ini dan membantu pemerintah dalam bentuk apapun. Lakukan apa yang bisa kita lakukan. Daripada mengutuk gelap, lebih baik kita menyalakan lilin," tutur Megri.

Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat untuk lebih memperhatikan daerah sekitarnya, bantulah masyarakat sekitar walaupun hanya dengan satu genggam beras supaya masyarakat yang harusnya bekerja diluar dapat mengurungkan niatnya dan tetap berada di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus ini. 

"Karena solidaritas sosial yang sehat sangat di perlukan untuk memutus mata rantai virus ini. Dalam situasi sulit seperti ini tidak ada yang dapat kita andalkan selain persatuan dan semangat gotong royong kita sesama masyarakat. Mari kita ingat ingat lagi pepatah lama yaitu kok barek meh lah samo samo wak pikua, kok ringan marilah samo-samo kito jinjiang," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]