Kenapa Orang China Utara Makan Banyak Bakpao? Ini Alasannya


Senin, 20 April 2020 - 10:54:54 WIB
Kenapa Orang China Utara Makan Banyak Bakpao? Ini Alasannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kawasan China Utara dikenal dengan suhu dingin yang ekstrim. Warga memilih banyak makan karbohidrat sebagai sumber tenaga, termasuk bakpao

Dilansir dari South China Morning Post (17/4) masyarakat China Utara dikenal bisa meracik pangsit paling enak dan sehat. Tapi selain itu, mereka lebih dikenal sebagai pemakan roti bakpao.

Masakan China Utara adalah makanan yang paling enak dengan cita rasa asin, berminyak dan gurih. Tapi yang jadi ciri khas tak tertinggal yakni masyarakat menyantapnya dengan roti bakpao, bukan dengan nasi.

Bayangkan roti lembut khas China yang dimakan dengan isian daging babi, atau mie buatan tangan yang disiram dengan saus kacang kental. Makanan ini juga dilengkapi dengan irisan jeroan seperti hati, paru-paru dan usus yang dimasak dengan kecap asin dan cuka.

Cita rasa dan jenis makanan China utara terbentuk karena musim dingin di kawasan ini yang mencapai minus 40 derajat Celsius. Iklim yang dingin memaksa masyarakat untuk makan banyak asupan karbohidrat. Bakpao babi jadi makanan paling populer di sana.

Tak hanya itu, alasan orang banyak mengolah dan menyantap bakpao adalah karena gandum lebih mudah ditanam dibandingkan padi. Menanam gandum setidaknya membutuhkan air lebih sedikit dan tanaman ini lebih mudah tumbuh di kawasan dingin dan kering seperti di China Utara.

Ini artinya sebagian besar makanan dibuat dengan tepung terigu. Satu sajian pokok sarapan dikenal dengan sebutan youtiao shaobing, pada dasarnya hidangan ini terbuat dari bakpao yang dibakar.

Di provinsi Shandong, roti ikan adalah daya tarik kuliner utama, sementara di pedalaman Shenyang, roti daging adalah yang paling terkenal. Di Tianjin, roti isi daging babi tak pernah sepi pembeli. Jika diperhatikan, semua makanan ini terbuat dari roti.

Selain roti bakpao, ada juga sajian mie yang tak kalah populer. Mie zhajiangmian tak boleh terlewatkan saat menyambangi kawasan China Utara. Hidangan mie ini dilengkapi saus kacang manis asin, daging cincang, mentimun iris, wortel dan tauge.

Daging merupakan bahan utama dalam masakan Cina utara, karena wilayah ini dipenuhi padang rumput luas yang dijadikan tempat untuk beternak sapi dan domba. Semua bagian hewan digunakan sebagai bahan makanan.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:54:31 WIB

    Ini Alasan Kenapa Pedagang Makanan Nekat Pakai Penglaris

    Ini Alasan Kenapa Pedagang Makanan Nekat Pakai Penglaris HARIANHALUAN.COM - Aksi pedagang menggunakan penglaris tertangkap basah di Jakarta Barat. Seorang pedagang bakso cuanki, Windra Suherman (21) meludahi mangkuk bakso dengan dalih sebagai penglaris..
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 14:13:57 WIB

    Ternyata, Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Kesepian daripada Pria

    Ternyata, Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Kesepian daripada Pria HARIANHALUAN.COM - Sebuah laporan menyatakan bahwa kaum muda lebih mungkin mengalami kesepian daripada orang tua. Tapi, rasa kesepian ini juga bisa berkaitan dengan faktor usia, beban hidup dan gender. Fakta terbaru dilansir .
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 08:15:39 WIB

    Kenapa Ya Mata Kita Bengkak Setiap Habis Menangis?

    Kenapa Ya Mata Kita Bengkak Setiap Habis Menangis? HARIANHALUAN.COM -- Nyaris mustahil menangis tanpa mengalami mata bengkak dan kemerahan setelahnya. Gara-gara mata bengkak, siapa pun jadi tahu kalau kita habis menangis..
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 20:49:23 WIB

    4 Alasan Kenapa Seseorang yang Ditinggal Menikah Susah Move On

    4 Alasan Kenapa Seseorang yang Ditinggal Menikah Susah Move On JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kegagalan membina hubungan adalah hal yang lumrah terjadi. Namun terkadang pada beberapa kasus, seseorang sulit sekali untuk move on dari masa lalunya. Terlebih lagi orang yang dicintainya itu sud.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 07:45:48 WIB

    Cincin Sebaiknya Jangan Dipakai Saat Pandemi Corona, Kenapa?

    Cincin Sebaiknya Jangan Dipakai Saat Pandemi Corona, Kenapa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selain menjaga jarak fisik dan kebersihan, mencuci tangan menjadi salah satu upaya untuk mencegah infeksi Covid-19. Namun, bagi pemakai cincin, mencuci tangan saja tidak cukup lantaran cincin bisa .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]