Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut Alami di Rumah


Senin, 20 April 2020 - 15:29:13 WIB
Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Rambut Alami di Rumah Minyak zaitun. Foto: U-Report

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Manfaat minyak zaitun untuk perawatan rambut alami telah digunakan sejak selama ribuan tahun lalu. Minyak zaitun terbukti bisa menambah kilau, pertumbuhan, kelembutan, dan daya tahan rambut.

Kandungan utama minyak zaitun terdiri dari asam oleat, asam palmitat, dan squalene mampu melembutkan rambut. Faktanya, banyak shampo, kondisioner, dan pomade mengandung zat dalam minyak zaitun.

Meskipun penelitian akan manfaat minyak zaitun untuk rambut masih sedikit, tetapi pengalaman banyak orang bisa menjadi acuan kita. Bahkan beberapa orang melakukan eksperimennya, tentang ukuran yang pas dan bahan tambahan lain yang digunakan.

Tapi jika Anda belum pernah menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut, ada cara untuk memulainya. Seperti dikutip dari Viva.co.id, Senin (20/4/2020) berikut ini:

1. Takaran minyak zaitun

Jika Anda belum pernah bereksperimen dengan minyak zaitun untuk perawatan rambut sebelumnya, maka gunakan hanya satu atau dua sendok makan untuk perawatan pertama kali.

Berapa banyak minyak zaitun yang harus digunakan, tergantung pada seberapa ingin Anda melembabkan rambut. Jika rambut anda tebal dan panjang, maka bisa membutuhkan lebih dari dua sendok makan.

Jika ingin merawat hingga ke kulit kepala, bisa membutuhkan setidaknya 1/4 cangkir minyak zaitun.

2. Memijat rambut

Lakukan pijatan hingga ke kulit kepala selama beberapa menit, saa menggunakan minyak zaitun, terutama jika memiliki kulit kepala kering. Lebih efektif lagi dengan membungkus rambut dengan plastik khusus selama 15 menit, agar minyak meresap dengan sempurna.

3. Membilas rambut

Setelah mengoleskan dan membiarkan minyak zaitun di rambut, gunakan sisir dengan gigi lebar sebelum keramas. Ini akan mempermudah menata rambut.

Gunakan shampo untuk menghilangkan bekas minyak, lalu keringkan. Anda bisa menggunakan seminggu sekali atau beberapa kali untuk hasil terbaik.

Siapa yang harus menggunakan minyak zaitun?

Menggunakan minyak secara umum mungkin tidak tepat untuk setiap jenis dan tekstur rambut. Beberapa jenis rambut mempertahankan kandungan minyaknya lebih lama daripada yang lain. Tubuh sendiri secara alami menghasilkan minyak melalui kelenjar yang melekat pada folikel rambut. Dan minyak ini cenderung bergerak lebih cepat ke rambut tipis dan lurus, daripada rambut kasar atau keriting.

Rambut tebal

Minyak zaitun paling bermanfaat untuk rambut kering dan tebal, karena bisa menjaga rambut tetap lembab dan kuat. Minyak zaitun tidak cocok untuk rambut tipis.

Rambut yang diproses

Rambut yang diproses seperti yang telah dirawat dengan relaxer, perms, atau pemutih, tidak cocok menggunakan minyak zaitun. Atau Anda bisa menggunakan minyak zaitun setidaknya setelah 72 jam.

Rambut bercabang

Minyak zaitun dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang rusak atau bercabang. Oleskan ke 2 inci terakhir dari helai yang rusak. Atau oleskan minyak zaitun mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, dan pijat dengan halus.

Manfaat minyak zaitun lainnya

Selain kondisi rambut yang rusak, ada juga masalah rambut lainnya. Seperti kutu rambut dan ketombe. Ini adalah salah satu masalah klasik yang dialami banyak orang. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan minyak zaitun.

Kutu rambut

Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan kutu rambut, tetapi tidak lebih efektif dari perawatan lainnya. Sangat penting untuk menggunakan sisir yang tepat, dan memastikan Anda mengeluarkan semua kutu yang hidup dan telur dari rambut.

Ketombe

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe dari rambut, ingatlah bahwa penyebabnya banyak, termasuk jamur. ketombe sendiri tidak ada obatnya, karena akan terus ada selama proses pengelupasan kulit kepala. Tetapi kita bisa menguranginya.

Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun secara merata, lalu gunakan sisir serit untuk mengambil sisa ketombe. Anda bisa keramas setelahnya. (*)

loading...
 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]