Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Diundur Besok


Senin, 20 April 2020 - 18:24:20 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Diundur Besok Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menunda pendaftaran Program Karu Prakerja gelombang kedua yang seharusnya dimulai hari ini menjadi esok, Selasa (21/4). Penundaan ini sejalan dengan mundurnya pengumuman seleksi peserta yang akan masuk pada gelombang pertama.

"Gelombang kedua dimulai besok karena kami fokus dulu pada pengumuman gelombang pertama. Ini perlu langkah ekstra verifikasi," ucap Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, Senin (20/4).

Baca Juga : 30% Orang Tua di DKI Jakarta Izinkan Anak Ikut Sekolah Tatap Muka: PJJ tidak Efektif

Hanya saja, ia belum bisa memastikan jam berapa pendaftaran gelombang kedua akan dibuka. Panji bilang hal itu akan diumumkan lebih lanjut di laman resmi Program Kartu Prakerja.

"Kami akan umumkan lewat dashboard Program Kartu Prakerja," imbuh Panji.

Baca Juga : Kemenkes Tetap Pakai Vaksin AstraZeneca Meski Diterpa Isu Penggumpalan Darah

Menurut dia, pembukaan pendaftaran gelombang Program Kartu Prakerja akan beriringan dengan pengumuman peserta yang lolos pada gelombang pertama. Panji mengaku pihaknya masih terus mempersiapkan untuk pendaftaran gelombang kedua.

"Kami berusaha agar ini simultan dengan pengumuman gelombang pertama, sampai sekarang masih kami lakukan proses-proses untuk selesaikan langkah ini," jelas Panji.

Baca Juga : DPR Minta Pemerintah Desak Sinovac Segera Urus EUL dari WHO

Diketahui, pengumuman peserta yang masuk dalam gelombang Program Kartu Prakerja gelombang pertama harusya diumumkan hari ini. Namun, pemerintah menyatakan masih membutuhkan waktu untuk melakukan verifikasi data peserta.

"Karena concern bagaimana bantuan diterima oleh orang yang bersangkutan. Kami lakukan verifikasi lembaga dan dengan mitra pembayaran resmi untuk memastikan bahwa akun yang terdaftar NIK-nya benar-benar dimiliki oleh pendaftar," ucap Panji.

Baca Juga : Hari Ini, 2 Penyuap Eks Mensos Juliari Batubara Hadapi Sidang Tuntutan

Nantinya, peserta yang masuk dalam gelombang pertama akan langsung menerima saldo yang bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan secara daring (online) di mitra platform digital yang bekerja sama dengan pemerintah.

Beberapa mitra platform digital yang dimaksud, antara lain Tokopedia, Mau Belajar Apa, Pijar Mahir, Bukalapak, Ruang Guru, dan Sekolahmu. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : CNNIndonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]