BREAKING NEWS: Dari Hasil Rapid Test, Wakil Walikota Bukittinggi Diduga Terpapar Covid-19


Senin, 20 April 2020 - 19:04:55 WIB
BREAKING NEWS: Dari Hasil Rapid Test, Wakil Walikota Bukittinggi Diduga Terpapar Covid-19 Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi ketika dijemput ambulance untuk dibawa ke RSAM. Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah pejabat di Lingkungan Pemko Bukittinggi menjalani pemeriksaan rapid test di Dinas Kesehatan Kota  Bukittinggi, Senin (20/4). Dari hasil rapit tes yang dikeluarkan, ada salah satu pejabat yang hasilnya meragukan, sehingga diperlukan pemeriksaan ulang.

“Dari hasil rapid tes yang dikeluarkan, emang ada satu orang yang kita temui hal-hal yang meragukan, sehingga yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan ulang lebih lanjut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Yandra Ferry kepada wartawan  di Rumah Dinas Walikota Belakang Balok.

Menurutnya, pihaknya belum bisa menyatakan yang bersangkutan terpapar Covid-19, karna ini baru hanya  pemeriksaan  rapid test yang  merupakan pemeriksaan awal. Jika ada indikasi, dilaksanakan pemeriksaan ulang lebih teliti lagi dengan swab test. Jadi hasil rapid test ini belum bisa dipastikan.

Sejauh ini ujar Yandra Fery, pihaknya telah banyak melakukan rapid tes sehubungan dengan adanya kasus Covid-10, termasuk kepada pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi. Sebagai Aparatur tentu mereka melakukan kontak langsung dengan masyarakat.

“Rapid tes yang dijalani ini sebenar bagus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covdi-19,  dari pada kita berdiam diri saja. Apabila ada indikasi, tentu bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.,” tukas Yandra Verry.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, dalam pemeriksaan rapit test yang dilakukan di Posko Penanganan Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi pada Senin pagi, hasil rapit test untuk Wakil Walikota Bukittinggi diduga ada gejala terpapar  Covid-19.

“Memang setelah dilakukan  rapid  test,  Wakil Walikota H. Irwandi diduga terpapar Covid-19. Namun belum bisa dikatakan beliau positif, karena hasil swab-nya belum keluar.  Sekitar pukul 16.30 wib sore,  beliau  telah  dibawa   ke RSAM untuk dilakukan Isolasi,” ujar Ramlan didampingi Ketua DPRD Bukittinggi Herman Syofyan  kepada wartawan sore harinya.

Ramlan mengakui, akhir-akhir ini  dirinya  bersama Wakil Walikota dan unsur Forkopimda, sibuk turun kelapangan melakukan sosialisasi tentang Covid-19 ini kepada masyarakat, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan. Namun demikian, tugas yang dilakukan itu  selalu dibarengi dengan melakukan tes kesehatan atau rapid test secara berkala.

Namun dalam pemeriksaan rapit test yang dilakukan di Posko Penanganan Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi pada Senin pagi,  hasil rapit test untuk Wakil Walikota  diduga adanya gejala terkena virus Covid-19. “Dengan hasil rapid test itu, maka Wakil Walikota dianjurkan istirahat di  rumah, dan sorenya beliau dijemput ambulan untuk dibawa ke RSAM untuk menjalani Isolasi,” ujar Ramlan.

Ia menegaskan, Wakil Walikota Irwandi belum bisa dipastikan atau dinyatakan positif Covid-19, karena hasil swab-nya baru besok, Selasa (21/4) sore keluarnya. Jadi untuk sekarang baru berdasarkan hasil rapit test yang menunjukan adanya gejala Covid-19. “Artinya, kita belum bisa memastikan Wakil Walikota  Positif Covid-19, karena belum hasil swab-nya belum keluar,” tegas Ramlan, sembari meminta doa agar Wakil Walikota tidak positif Covid-19 dan cepat sehat.

Menurut Ramlan, Covid-19 bukanlah suatu penyakit aib atau aib bagi penderitanya. Namun yang dikwatirkan dari Covid-19 ini adalah penyebarannya yang  cukup cepat. Itu yang sangat kita kwatirkan. “Selain wakil Walikota H.Irwandi yang dibawa dengan ambulan ke RSAM, juga turut dibawa sstrinya Hj.Khadijah. Sementara untuk sopir, ajudan, dan orang orang yang ada di Rumah Dinas Wakil Walikota,   juga dilakukan test Swab,” tukas Ramlan.

Sebelum dibawake RSAM terlihat Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bersama Ketua DPRD Herman Sofyan, unsur Forkopimda, Sekda dan jajaran SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi memberikan semangat kepada Wakil Walikota ketika menaiki ambulan untuk dibawa ke RSAM. (*)

 

 

Reporter : Gatot /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]