Duta BPJS Kesehatan Cabang Padang Serahkan Donasi APD ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19


Selasa, 21 April 2020 - 13:30:00 WIB
Duta BPJS Kesehatan Cabang Padang Serahkan Donasi APD ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Penyerahan APD dari BPJS ke rumah sakit rujukan Covid-19.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Rizka Adhiati menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa hazmat suit kepada Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan Covid-19 atau berpotensi menangani pasien Covid-19 di Padang dan sekitarnya. Pada Jum’at (17/4) kemarin, donasi tersebut diserahkan kepada RS Universitas Andalas dan RSUD dr. Rasidin Kota Padang. 

Selain dua RS di atas, Senin (20/4) donasi juga telah diserahkan kepada RSUP dr. M. Djamil Padang, RSUD dr. M. Zein Pesisir Selatan, RSUD Padang Pariaman dan RSUD dr. Sadikin Pariaman. “Kegiatan ini diinisiasi oleh pegawai yang juga bertindak sebagai Agent of Knowledge Management BPJS Kesehatan Cabang Padang. Awalnya ia mulai membuat pengumuman di grup Telegram internal kami tentang pengumpulan donasi, setelah donasi terkumpul lalu dibelanjakan hazmat suit ini,” ujarnya.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Rizka menambahkan bahwa timnya sempat kesulitan dalam mencari hazmat suit karena keberadaannya memang langka di pasaran. Tapi berkat kegigihan dan info yang tepat, ratusan hazmat suit bisa didapatkan untuk didonasikan kepada RS rujukan Covid-19 dan berpotensi menangani pasien Covid-19 di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang.

“APD merupakan tameng utama bagi tenaga medis dalam menangani pasien di masa pandemi, meskipun tidak seberapa tapi kami ingin berkontribusi. Ini ikhtiar kita bersama, karena semakin hari di Sumatera Barat jumlah yang terkonfirmasi Covid-19 semakin bertambah,” katanya.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

Direktur RSUD M. Zein Kabupaten Pesisir Selatan, dr. Sutarman mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan APD dari BPJS Kesehatan. Bantuan tersebut sangat berguna karena akan segera dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan untuk mengindari dari penularan Covid-19 saat menjalankan tugas. "Kami harap bantuan ini bisa berkelanjutan karena kami dan BPJS Kesehatan adalah mitra yang baik," ungkapnya.

Selain BPJS Kesehatan, tambah Sutarman, RSUD M. Zein juga akan terbuka dan senang hati menerima donasi APD dari pihak manapun dalam bentuk apapun. Saat ini pihaknya juga tengah membutuhkan stok masker bedah dan N-95 agar tenaga kesehatan bisa leluasa memeriksa dan melayani pasien.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 28 Februari 2021

Pengumpulan donasi internal ini BPJS Kesehatan Cabang Padang ini akan rutin dilakukan setiap awal bulan. Rizka berharap agar masyarakat mematuhi aturan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar yang akan diterapkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat per 22 April 2020 ini supaya tenaga medis di lapangan tidak kewalahan dalam menangani pasien.

“Termasuk dalam memanfaatkan layanan keadministrasian di BPJS Kesehatan. Masyarakat tidak perlu ke kantor, cukup hubungi Care Center 1500400 atau unduh segera aplikasi Mobile JKN,” tutur Rizka. (*)

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]