Begini Teknis Penilaian Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa SD dan SMP di Pariaman


Selasa, 21 April 2020 - 16:52:31 WIB
Begini Teknis Penilaian Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa SD dan SMP di Pariaman Kanderi

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, membuat Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Penilaian Kelulusan dan Kenaikan Kelas Peserta Didik jenjang SD dan SMP Tahun Ajaran (TA) 2019/2020.

Surat Edaran itu berisikan instruksi, bahwa untuk kelulusan SD, ditentukan berdasarkan dari nilai 5 (lima) semester terakhir (kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 semester ganjil).
 Sementara untuk kelulusan jenjang SMP, ditentukan berdasarkan dari nilai 5 (lima) semester terakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, Selasa (21/4-2020), lebih lanjut mengatakan, 
tentang pengumuman kelulusan jenjang SD, akan diumumkan tanggal 12 Juni 2020, untuk jenjang SMP, diumumkan lebih cepat, tanggal 5 Juni 2020 mendatang.

Saat ini Pemko Pariaman telah meliburkan atau belajar di rumah bagi pelajar dari tingkat TK, SD, SMP sampai SMA sederajat, sampai kini telah masuk minggu ke lima.

Disebutkan, belajar di rumah tersebut masih dilanjutkan selama pandemi COVID-19 masih berlangsung. Terkait  kenaikan kelas, dinas Dikpora menginstruksikan agar Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas, dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa juga tidak diperkenankan.

Karena itu untuk kenaikan kelas SD, ditentukan berdasarkan nilai semester, yaitu Penilaian Harian (PH) dengan Penilaian Tengah Semeseter (PTS), dengan rumus 2 X PH ditambah PTS dibagi 3.

Untuk Kenaikan kelas pada SMP, ditentukan berdasarkan nilai semester, yaitu nilai Rata-Rata Ulangan Harian (RUH), bagi SMP yang belum melaksanakan PTS.

Terhadap SMP yang telah melaksanakan PTS, dapat melakukan penilaian berdasarkan penilaian harian dan PTS dengan rumus 2 PH+PTS/3.

"Pengambilan rapor direncanakan pada tanggal 20 Juni 2020, serta libur semester genap dimulai dari tanggal 20-30 Juni 2020,” ungkapnya.

Terhadap pembagian rapor, rencananya akan diantar langsung oleh sekolah ke rumah peserta didik, 
dengan mempertimbangkan situasi saat ini yang belum memungkinkan untuk membuat keramaian, dan hal ini menunggu keputusan dari Pemko Pariaman.(*)
 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]