Wakil Ketua DPRD Solsel Sebut Aktivitas Mendulang Emas Sulit Dihentikan


Selasa, 21 April 2020 - 20:11:32 WIB
Wakil Ketua DPRD Solsel Sebut Aktivitas Mendulang Emas Sulit Dihentikan Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel), Ali Sabri Abbas.

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel) Ali Sabri Abbas menyatakan persoalan penambangan emas secara tradisional oleh masyarakat sulit dihentikan, pasalnya merupakan sumber mata pencarian.

Menurutnya, penghentian aktivitas penambangan emas dapat dilakukan apabila menggunakan alat berat, karena berpotensi merusak lingkungan dan alam.

Hal itu diungkapkan, ketika dihubungi Harianhaluan.com untuk menanggapi tewasnya sembilan penambang emas di bekas peninggalan Belanda di Jorong Talakiak, Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH).

"Sebelumnya, Saya ikut berbelasungkawa dan duka cita yang dalam dan berharap kejadian ini tidak terulang lagi," kata Ali di Bidar Alam, Selasa (21/4/2020).

Pihaknya, meminta kepada masyarakat untuk bisa berhati-hati dalam melakukan penambangan dengan cara konvensional. "Mereka (pendulang emas) tetapi mengambil bahannya jauh ke dalam sehingga berpontensi kecelakaan. Kita berharap masyarakat bisa belajar dari pengalaman yang telah lalu," sebutnya.

Ali mengakui, apabila dilarang melakukan aktivitas penambangan secara tradisional, sangat rumit. "Sebab, itu salah satu mata pencarian warga dan Kita belum punya solusi yang baik karena terbentur aturan. Cukup langka, jika ada tambang rakyat yang beroperasi secara legal disebabkan, rakyat tidak sanggup bayar ijin. Apalagi, regulasinya berbelit -belit," terangnya.

Ia kembali menekankan, untuk selalu hati-hati sebab yang menambang secara tradisional itu cukup banyak. "Utamakan keselamatan," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]