Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasaman Terpantau Stabil


Rabu, 22 April 2020 - 14:32:17 WIB
Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasaman Terpantau Stabil Dinas terkait di Pasaman memantau harga sembako di pasar.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dua hari menjelang Ramadan 1441 Hijriah, harga  kebutuhan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, terpantau masih stabil. Seperti di Pasar Benteng, Lubuksikaping, hanya komoditi bawang merah yang mengalami lonjakan harga. Sebelumnya harga bawang merah per kilogram sebesar Rp40 ribu, kini naik menjadi Rp50 ribu per kilogram. 

Sementara, harga bawang putih yang sebelumnya dikeluhkan oleh warga karena mengalami kenaikan signifikan, malah turun menjadi Rp32 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram. Harga ini akan terus mengalami penurunan untuk beberapa hari ke depan. Harga cabe merah kriting juga mengalami penurunan, dari Rp48 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram. 

Cabe hijau juga turun, dari Rp20 ribu menjadi Rp15 ribu. Sama juga halnya dengan cabe rawit, juga turun sebesar Rp1.000, dari sebelumnya Rp25 ribu per kilogram. Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman, MN Susilo, didampingi Kabid Perdagangan, Juprianto mengatakan, sejumlah bahan sembako yang sebelumnya mahal kini berangsur turun, seperti bawang putih, cabe merah, cabe hijau dan cabe rawit.

"Memang ada satu, dua, komoditas yang mengalami kenaikan. Tapi banyak juga yang turun. Intinya masih normal. Harga sembako sekarang masih stabil meski ditengah pandemi Covid-19," katanya, Rabu (22/4/2020).

Disebutkan Dinas Perdaginnaker setempat memiliki petugas yang melakukan pendataan terhadap harga komoditi sembako, barang penting, barang strategis dan komoditi potensi disetiap hari pasar di kabupaten itu. "Petugas kami setiap hari melakukan pendataan terhadap harga sembilan bahan pokok di pasar-pasar tradisional. Dimana, saat ini jelang bulan puasa harga-harga relatif stabil," ungkapnya. 

Dikatakan, harga sebanyak 24 jenis komoditi sembako di kabupaten itu tidak mengalami kenaikan. Diantaranya, beras berkisar antara Rp12 ribu sampai dengan Rp13 ribu per kilogram, gula pasir Rp18.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp14 ribu, daging sapi lokal Rp120 ribu per kilogram. Berikutnya, kata dia, daging ayam Rp20 ribu per kilogram, ikan mas Rp20 ribu. Telur ayam ras Rp1.400 pet butir, kentang Rp12 ribu, tomat Rp10 ribu per kilogram, bawang bombay Rp28 ribu perkilogram. 

Susilo mengaku, pihaknya akan menyurvei harga-harga sembako menjelang puasa dan Idul Fitri secara berkala. Serta memastikan kelancaran distribusi dan tidak adanya penimbunan barang. "Intinya, ketersedian atau arus distribusi yang bisa memicu harga semakin meningkat itu tetap harus terjaga dan kita pantau. Sehingga tidak membuat panic buying masyarakat," tukasnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]