MCCC dan Aisyiyah Pariaman Salurkan Sembako untuk Masyarakat


Rabu, 22 April 2020 - 21:02:46 WIB
MCCC dan Aisyiyah Pariaman Salurkan Sembako untuk Masyarakat Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan Aisyiyah Pariaman menyalurkan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Pariaman.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan Aisyiyah Pariaman menyalurkan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Pariaman.

"Pembagian sembako ini merupakan gerakan Taawun Sosial Nasional yang diserahkan kepada anggota Aisyiyah yang kurang mampu dan warga di Kota Pariaman sebanyak 450 paket dengan nominal Rp100 ribu setiap paketnya," kata Ketua Aisyiyah Pariaman Endrawati, di Pariaman, Rabu (22/4).

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Lebih lanjut ia menyampaikan sembako yang dibagikan ini berasal dari donasi unit usaha yang ada di bawah Aisyiyah Pariaman, termasuk dari karyawannya.

"Salah satu pihak yang mendonasi untuk pengadaan sembako ini yaitu karyawan Rumah Sakit Aisyiyah yang merupakan salah satu usaha 'Aisyiyah selain bidang pendidikan," katanya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Ia menyampaikan selain penyaluran sembako tersebut pihaknya menyertakan sosialisasi terkait cara mencuci tangan yang baik, etika batuk, serta pembuatan disinfektan yang baik.

Sementata itu, Ketua MCCC Pariaman Eriza Putra mengatakan MCCC ini telah bergerak dari beberapa hari belakangan dengan berbagai cara untuk pencahan penyebaran covid-19 di Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

"MCCC ini merupakan bentuk kepedulian Keluarga Muhammadiyah Pariaman dan Padang Pariaman untuk memerangi pandemi COVID-19," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pencegahan penyebaran virus tersebut pihaknya membagikan masker, sabun cuci tangan, handsanitizer, mobil sosialisasi keliling yang dilengkapi pengeras suara, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara pembuatan desinfektan.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Sedangkan untuk mengurangi dampak COVID-19 pihaknya membagikan sembako kepada warga dengan mengantarkannya kepada penerima langsung ke lokasi.

Ia meminta warga untuk tidak panik, mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah serta menerapkan pola hidup sehat guna meningkatkan imun tubuh.

Bidang Edukasi MCCC Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman April Adek mengatakan pentingnya edukasi terkait cuci tangan pakai sabun, etika batuk, dan pembuatan disinfektan karena banyaknya warga yang tidak mengetahuinya.

"Bahkan banyak warga yang keliru dalam meracik cairan disinfektan dengan mencampur beberapa bahan sehingga menjadi bahan beracun dan berbahaya," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya mengedukasi warga terkait hal tersebut agar disinfektan yang disemprotkan tidak membahayakan orang.

"Disinfaktan itu cukup dengan wipol atau pembersih lainnya dengan takaran dua sendok makan cairan pembersih itu untuk satu liter air," kata dia.

Pihaknya pun mendorong warga untuk dapat menyemprot rumahnya secara mandiri sehingga dapat membantu pemerintah setempat.
"Setidaknya setiap rumah itu memiliki alat untuk penyemprotan desinfektan dengan skala kecil, sehingga itu bisa mengurangi beban dari pemerintah," ujarnya.(*)

Reporter : Yuhendra | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]