Keren! Pemuda Solo Ini Diterima di 11 Kampus Ternama Dunia di Amerika Serikat


Rabu, 22 April 2020 - 22:23:30 WIB
Keren! Pemuda Solo Ini Diterima di 11 Kampus Ternama Dunia di Amerika Serikat Ilustrasi

YOGYAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sosok pemuda asal Solo, Parama Pradana Suteja (24) menjadi perhatian publik setelah diterima di 11 universitas ternama dunia di Amerika Serikat (AS). Pradana mampir ke Yogyakarta untuk berbagi semangat bersama Miss Earth Air Indonesia 2019, Anindita Pradana Suteja.

Keduanya hadir memberi semangat generasi muda melawan pandemi virus Corona (COVID-19) bersamaan dengan peluncuran patung RA Kartini karya seniman Yusman di kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta.

Pradana mengatakan, dirinya mengisi waktu senggang dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial. Salah satunya bersama dengan Komunitas Peduli Pariwisata Indonesia (KPPI) untuk membantu menghadapi pandemi Corona.

Agenda yang sudah terjadwal yakni pameran bertajuk City Rebranding. Kegiatan tersebut mengikutsertakan pematung Yusman dengan salah satu karya patung RA Kartini yang dipasang di Pracimosono, Kepatihan.

"Saya ingin membantu dengan apa yang saya bisa," ucapnya, Rabu (22/4/2020).

Sementara itu, Miss Earth Air Indonesia 2019, Anindita mengatakan di masa pandemi Corona ini generasi muda harus ekstra bersemangat menjalani hidup sembari tetap menaati anjuran pemerintah dalam memerangi wabah.

"Banyak hal kreatif yang bisa menjadi inspirasi bagi sekitar dan membawa semangat optimisme di masa ini. Ayo menjadi penyebar semangat bagi yang lain," katanya.

Di tempat yang sama, seniman Yusman mengatakan dirinya menggelar mini pameran patung RA Kartini. Patung berukuran cukup besar dan berbahan perunggu tersebut dipasang di bagian utama dari lobi Kantor Paniradya Kaistimewaan Yogyakarta.

Yusman mengatakan pameran kali ini hanya memajang satu buah patung sebagai simbolis peringatan Hari Kartini di Yogyakarta.

"Sebenarnya pameran ini adalah awalan dari rencana pameran patung dan relief Perjuangan Yogyakarta memperingati sewindu UU Keistimewaan Yogyakarta pada bulan Agustus 2020," ujar Yusman.

Yusman menjelaskan alasannya meluncurkan mini pameran patung RA Kartini pada saat pandemi Corona melanda.

"Karena waktunya bersamaan dengan peringatan Hari Kartini dan hanya satu buah patung saja. Patung ini menjadi salah satu karya yang akan kami pamerkan pada acara Agustus mendatang," katanya.

Dipilihnya Kantor Paniradya Kaistimewaan sebagai lokasi pameran karena tidak ada lokasi lain untuk menggelar pameran di saat wabah Corona seperti sekarang ini. Peluncuran pameran dengan tema Spirit Global Kartini di Tengah Pandemi ini dihadiri oleh segelintir tamu undangan karena memberlakukan protokol kesehatan COVID-19.

Turut hadir membuka pameran adalah Panirdya Pati Kaistimewan Beni Suharsono, Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Indonesia (KPPI) Tazbir Abdullah dan cendekiawan muda Parama Suteja.

Dengan pameran patung Kartini ini Yusman berharap dapat membangkitkan kembali semangat para seniman pasca pandemi Corona.

"Pandemi ini para seniman lebih memilih tidak berekspresi namun kami tidak kehilangan jiwa berseni. Mudah-mudahan kawan-kawan seniman terhindar dari virus Corona yang melanda dunia saat ini," ucapnya.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]