Syafrizal: Pemangku Adat Agen Pembangunan di Nagari


Kamis, 23 April 2020 - 06:00:54 WIB
Syafrizal: Pemangku Adat Agen Pembangunan di Nagari Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM. Datuak Nan Batuah (tengah) ketika membuka Bimbingan Teknis Pemberdayaan Pemangku Adat Angkatan II/2020 untuk wilayah Kabupaten Padang Pariaman di Hotel Basko, Padang, belum lama ini.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM Datuak Nan Batuah mengatakan, lembaga adat merupakan lembaga yang kredibel sebagai agen pembangunan di desa atau nagari. Namun karena keterbatasan SDM, peran lembaga adat itu sejauh ini belum bisa maksimal.

Menurut Syafrizal, karena keterbatasan SDM dari lembaga adat itu, maka Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD setiap tahun melakukan peningkatan kapasitas terhadap para pemangku adat.

“Pemberdayaan lembaga adat dan pemangku adat sangat diperlukan, sehingga dapat menjalankan fungsinya membangun basis sosial ekonomi dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” kata Syafrizal, dikutip dari laman resmi DPMD Sumbar, Kamis (23/4/2020).

Ke depannya, para pemangku adat di Sumbar diharapkan menjadi pelopor kemandirian masyarakat adat di nagari.

"Pemangku adat akan berperan dalam melestarikan dan mengembangkan adat istiadat sebagai wujud pengakuan terhadap identitas dan hak-hak tradisional masyarakat hukum adat,” pungkas Ketua LKAAM Kabupaten Pesisir Selatan itu. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 05:59:31 WIB

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari

    Syafrizal: KKN Tematik Dorong Gagasan Kreatif di Nagari HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka penguatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik 2020 “Bakti untuk Nagari” di Sumbar. Unand yang setiap tahun mengadakan KKN, menyiapkan diri dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD).
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:02:19 WIB

    Syafrizal: ASN Tak Boleh Apatis, Harus Aktif Cegah Covid-19

    Syafrizal: ASN Tak Boleh Apatis, Harus Aktif Cegah Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Meski pun dalam pandemi Covid-19, aparat Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Sumbar tidak boleh kurang kinerjanya. Justru harus terus bersemangat, karena program BLT Dana Desa dan pemberdayaan serta P.
  • Senin, 27 April 2020 - 06:02:03 WIB

    Syafrizal: Harus Ada Inovasi dan Sinergitas untuk Majukan Kelurahan

    Syafrizal: Harus Ada Inovasi dan Sinergitas untuk Majukan Kelurahan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan, bahwa majunya suatu kelurahan bukan ditentukan oleh dana yang banyak dan lahan yang luas, serta penduduk yang bany.
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 01:44:54 WIB
    PJ BUPATI BUKA MTQ NASIONAL VI MENTAWAI

    Syafrizal: Jaga Kerukunan Beragama di Bumi Sikerei

    Syafrizal: Jaga Kerukunan Beragama di Bumi Sikerei MENTAWAI, HALUAN — Pj Bupati Mentawai H. Sya­frizal secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke VI tahun 2016 tingkat Kabupaten. Acara diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Men­tawai, Rabu (21/12)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]