Edi Busti Jelaskan Tidak Ada Petugas BPBD Pasbar Tertular Virus Covid-19


Kamis, 23 April 2020 - 16:28:55 WIB
Edi Busti Jelaskan Tidak Ada Petugas BPBD Pasbar Tertular Virus Covid-19 Edi Busti

HARIANHALUAN.COM,PASBAR-Kepala Badan Pelaksana  Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Edi Busti membantah lima stafnya di BPBD Pasbar tertular virus corona. Pasalnya, dari hasil rapid test, hasilnya reaktif bukan positif.

“Dari Hasil rapid test yang kami lakukan kemaren ditemukan lima staf dengan hasil reaktif bukan positif,” tegas Edi Busti kepada wartawan di Simpang Empat, kemarin.

Ia sangat menyayangkan adanya info yang beredar di tengah-tengah masyarakat tentang hasil rapid test yang positif itu. Hal itu tentu membuat masyarakat resah dan ketakutan. Belum lagi ada oknum yang membocorkan nama lima orang itu.

“Kasihan kita terhadap mereka karena seolah-olah sudah positif dan mereka digunjingkan dan dikucilkan. Padahal seharusnya tidak begitu,” tambahnya.

Menurutnya rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi bukan mendeteksi virus corona.

“Rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi COVID-19,” jelasnya.

Ia menyebutkan tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus ini.

“Kelima staf kami tersebut saat ini sudah dilakukan pemeriksaan swab dan masih menunggu hasilnya. Untuk sementara kelima orang staf tersebut telah kami perintahkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” sebutnya.

Senada Decky H Sahputra anggota Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasbar, juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar menghentikan menyebar berita atau informasi yang belum jelas sebelum diumumkan secara resmi oleh tim Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat.

“Hentikanlah menyebar berita tidak jelas dan masyarakat diharapkan tidak percaya dengan berita yang merugikan orang lain serta bisa menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat, kelima orang tersebut juga sebagai anggota Pusat Pengendalian dan Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasaman Barat tersebut,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat juga dapat mematuhi petunjuk pemerintah untuk antisipasi COVID-19 ini. Selain pakai masker, juga jaga jarak, hindari keramaian, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting, sering cuci tangan dan jaga kebersihan diri dan lingkungan. 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]