Sah! PON 2020 Papua Resmi Ditunda hingga Oktober 2021


Kamis, 23 April 2020 - 19:03:24 WIB
Sah! PON 2020 Papua Resmi Ditunda hingga Oktober 2021 PON 2020

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah secara resmi mengumumkan penundaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua yang rencana semula Oktober 2020 menjadi Oktober 2021. Penundaan itu bukan saja karena belum lengkapnya sarana atau venue yang akan digunakan, tapi juga dari sisi kesehatan kontingen dengan kondisi dan situasi wabah Covid-19 saat ini.

Seluruh pelatihan yang terpusat di daerah-daerah atau pelatda terhenti dan sekarang ini. Peserta melakukan latihan secara mandiri untuk menjaga kebugaran saja. Wabah virus corona baru atau COVID-19 yang saat ini menulari seluruh provinsi di Indonesia. Usulan dari cabang-cabang olahraga, surat dari Gubernur Papua dan kemudian rekomendasi dari hasil rapat kerja Kemenpora dengan Komisi X DPR RI.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, presiden telah memutuskan untuk menunda pelaksaan PON ke-20 ini hingga Oktober 2021," kata Menpora, Zainuddin Amali ketika menyampaikan hasil rapat terbatas tentang kelanjutan PON ke-20 melalui media daring di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Menpora menyebutkan beberapa pertimbangan yang mendasari penundaan itu. Penyelesaian pekerjaan fisik venue yang tidak bisa dikerjakan setelah ada wabah COVID-19. Provinsi Papua memberlakukan penutupan. Tenaga kerja yang melakukan pekerjaan sebagian didatangkan dari luar Papua. Bahan-bahan yang dibutuhkan kurang tersedia. Material yang digunakan juga didatangkan dari luar Papua.

Negara-negara produsen yang tadinya diharapkan bisa diminta untuk mensuplai peralatan-peralatan olahraga yang akan digunakan juga mengalami kondisi yang sama dengan Indonesia. Penundaan itu juga diusulkan dari cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingan. Seluruh pelatihan yang terpusat di daerah-daerah atau pelatda terhenti dan sekarang ini peserta melakukan latihan secara mandiri untuk menjaga kebugaran saja.

Menpora mengatakan bahwa waktu yang ideal satu tahun, baik untuk persiapan infrastruktur, venue dan tempat penginapan maupun untuk persiapan kontingen serta pengadaan alatnya. ”Bulannya pun sudah diputuskan tadi, yaitu bulan Oktober tahun 2021. Saya ingin mengulangi, ini sudah diputuskan Bapak Presiden bahwa PON ke-20 kita akan ditunda sampai bulan Oktober tahun 2021,” jelasnya.

Wakil Gubernur Papua menyambut baik karena sebelumnya Gubernur Papua itu sudah mengirim surat kepada presiden tanggal 7 April 2020 yang menyampaikan kondisi yang ada di lapangan. Karena dengan adanya pandemi COVID-19 ini maka seluruh konsentrasi dan sumber daya yang ada di Papua diarahkan untuk penanganan COVID-19.

"Makanya mereka minta arahan bagaimana tentang PON. Nah, tadi begitu tadi Bapak Presiden memutuskan ditunda, mereka tentu sangat menerima dan setuju dengan penundaan itu,” ujar Menpora. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 22:12:52 WIB

    Sah! Ligue 1 Musim 2019 Dihentikan, PSG Jadi Juara

    Sah! Ligue 1 Musim 2019 Dihentikan, PSG Jadi Juara BOLA, HARIANHALUAN.COM -- Kompetisi sepak bola papan atas Prancis, Ligue 1, untuk musim 2019/20 telah resmi diberhentikan. Kabar tersebut dirilis secara resmi oleh federasi sepak bola Prancis (LFP) melalui media sosialnya pad.
  • Kamis, 23 April 2020 - 11:43:33 WIB

    Sah! PON 2020 Papua Ditunda Tahun Depan

    Sah! PON 2020 Papua Ditunda Tahun Depan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua resmi ditunda karena pandemi virus corona (covid-19). PON pernah sekali dibatalkan dalam sejarah ajang terbesar olahraga di Indonesia tersebut..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:10:04 WIB

    Sah! PSSI Hentikan Liga Indonesia hingga Selesai Lebaran

    Sah! PSSI Hentikan Liga Indonesia hingga Selesai Lebaran BOLA, HARIANHALUAN.COM -- PSSI mengedarkan surat dengan rumusan dua pilihan terkait keberlangsungan kompetisi. Merujuk situasi ke depan, Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 dapat kembali berlangsung atau bahkan dihentikan total. .
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 22:56:09 WIB

    Sah! Marquez Perpanjang Kontrak di Honda

    Sah! Marquez Perpanjang Kontrak di Honda SAITAMA,HARIANHALUAN.COM-Sempat dikabarkan akan berlabuh di Ducati atau Yamaha, Marc Marquez resmi  memperpanjang masa kontrak di Honda, Kamis (20/2)..
  • Selasa, 19 November 2019 - 08:54:05 WIB

    Sah!  Alex Marquez Resmi Gabung ke Repsol Honda

    Sah!  Alex Marquez Resmi Gabung ke Repsol Honda JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pentas balapan MotoGP musim depan dipastikan menjadi paling seru setelah  Alex Marquez resmi bergabung memperkuat Repsol Honda..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]