Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah Dimulai Besok


Kamis, 23 April 2020 - 19:15:36 WIB
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah Dimulai Besok Marhaban ya Ramadan

NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama memutuskan puasa hari pertama 1 Ramadhan tahun 2020 atau 1441 hijriah jatuh pada hari Jumat (24/4/2020) besok. Dalam menetapkan awal puasa, Kemenag memadukan dua metode yaitu melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal. 

Kemudian, akan didapatkan prakiraan letak bulan baru dan dikonfirmasi oleh tim pengamatan dengan melihat hilal secara langsung (rukyat). Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1441 Hijriah, Kamis (23/4/2020) sekitar pukul 19.00 WIB. Sebelum digelar sidang, rangkaian kegiatan dimulai dengan mendengarkan paparan posisi hilal awal Ramadhan.

Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya mengatakan, ada referensi pelaporan hilal awal Ramadan 1441 Hijriah teramati di wilayah Indonesia pada Kamis (23/4/2020). Ada referensi bahwa hilal awal Ramadan 1441 Hijriah hari Kamis dapat teramati dari wilayah Indonesia," ujar Cecep saat  pelaksanaan sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama di Gedung Kemenag, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis (23/04/2020).

Menurut dia, ijtimak terjadi pada hari Kamis, 23 April 2020, sekitar pukul 09.26 WIB. "Hilal awal Ramadan sudah cukup tua, umurnya sudah lebih delapan jam. Di Indonesia hilal berada pada posisi signifikan untuk dilihat. Untuk di Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 3,72 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 5 detik," ucap dia.

Cecep menjelaskan, hilal awal Ramadan 1441H pada hari Kamis (23/04) sudah memenuhi kriteria visibilitas yang ditetapkan Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Visibilitas itu maksudnya, tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke Matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

Dia menambahkan, hisab sifatnya informatif, sedang rukyat sifatnya konfirmatif. Kata Cecep, penetapan atau isbat adalah penggabungan antara konfirmasi hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang tertera dalam Taqwim Standar Indonesia tahun 2020. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menag Fachrul Razi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.  Untuk diketahui, sidang itsbat juga diikuti perwakilan ormas melalui aplikasi daring. (*)

 Sumber : dari berbagai sumber /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]