Mulai 1 Mei 2020, PNP Terapkan E-Logbook Bagi Seluruh Karyawannya


Jumat, 24 April 2020 - 12:09:23 WIB
Mulai 1 Mei 2020, PNP Terapkan E-Logbook Bagi Seluruh Karyawannya Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) berencana menerapkan pengisian E-Logbook atau penilaian prestasi kerja secara elektronik bagi seluruh karyawan pendidikan vokasi ini pada Mei 2020 nanti. Itu artinya mereka harus siap melaporkan capaian sasaran kerjanya melalui E-Logbook terhitunga 1 Mei.

Direktur PNP, Surfa Yondri menyatakan, penggunaan E-Logbook itu berkaitan dengan upaya menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemdikbud Nomor 36604/A3/KP/2020 tanggal 15 Maret 2020 tentang Prosedur Bagi Pegawai yang Bekerja dari Rumah dan surat Wakil Direktur II Politeknik Negeri Padang Nomor: 653/PL9/KP/2020, tanggal 26 Maret 2020 tentang Pemberitahuan Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Kepala UPT Komputer PNP, Rikki Vitria mengatakan, mulai 1 Mei 2020, seluruh karyawan PNP akan menerapkan penggunaan aplikasi E-Logbook yang dimaksudkan untuk mendata kondisi kesehatan, kehadiran, dan kegiatan mereka serta evaluasi kuliah daring yang dilakukan khusus oleh para dosen.

Pada kesempatan itu, Wakil Direktur 2, Anton mengimbau semua dosen, tenaga kependidikan dan tenaga honorer untuk melaporkan kesehatan, kehadiran dan pekerjaan mereka melalui aplikasi tersebut.

"Mengingat bekerja dari rumah harus terdata dengan baik maka seluruh dosen, tenaga kependidikan dan tenaga honorer mulai tanggal 1 Mei 2020 sudah harus melaporkan pekerjaan dan kehadiran mereka melalui aplikasi yang dapat di- download di play store  atau di http://log.pnp.ac.id/applog.apk," jelas Anton.

Pasalnya, sebut Anton, tidak semua karyawan menguasai  aplikasi ini, dalam pengumuman yang diedarkan pimpinan pada Rabu 21 April 2020 telah dilampirkan petunjuk singkat penggunaan E-Logbook.

Diketahui kesimpulan penggunaan E-Logbook itu diputuskan saat rapat pimpinan PNP via video conference (vicon) dengan media Zoom yang dimoderatori Rikki Vitria, baru-baru ini.

Karyawan Tak Ramah IT

Kasubbag. Umum PNP, Yuhedmi Noeva mengungkapkan bahwa ada sedikit kendala yang dihadapi sebagian karyawan PNP. Karyawan rumah tangga umumnya belum menguasai IT, dan para supir tidak setiap hari mengerjakan tugas. Begitu juga dengan perawat dan karyawan kontrak yang tidak bisa bekerja di rumah.

Hal itu senada juga diungkapkan Ketua Jurusan Akuntansi, Amy Fontanella. Menurut Amy, tak mungkin Ketua Jurusan yang menolong mengisikan E-Logbook karyawan rumah tangga karena bisa-bisa karyawan sejenis mengaku tidak menguasai IT. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]