Afrizal Sesalkan Keterlambatan Pemprov Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19


Sabtu, 25 April 2020 - 15:27:01 WIB
Afrizal Sesalkan Keterlambatan Pemprov Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Afrizal

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumbar, Afrizal menyesalkan keterlambatan penyaluran bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terhadap masyarakat yang terdampak oleh virus Corona (Covid-19).

Afrizal menuturkan, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) resmi diterapkan,  pemerintah wajib memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak oleh wabah Covid-19 ini.

"Namun, hingga hari ini bantuan tunai langsung belum juga dikucurkan. Apakah menunggu dulu masyarakat lapar dan ribut di bawah. Dengan diterapkannya PSBB, konsekuensinya pemerintah harus membantu masyarakat yang terdampak, ini sudah empat hari masih belum juga cair,” ucap Afrizal yang juga Ketua Komisi III DPRD Sumbar tersebut, Sabtu (25/4).

Dewan dari Dapil Kota Padang ini menuturkan, lebih dari Rp600 miliar anggaran yang diusulkan gubernur untuk penanganan dampak Covid-19 telah disepakati DPRD Sumbar. Bahkan konsep calon penerima juga sudah ditentukan yakni 15 persen dari warga terdampak di tingkat kabupaten/kota. 

Afrizal mengaku kecewa karena setiap sebentar konstituennya mengadu mengatakan bahwa KTP dan KK fotocopy sudah diminta RT tapi bantuan belum kunjung ada realisasinyanya.

“Kami semakin payah pak af, itu jeritan konstituen saya di Padang ini, apa saya harus diam saja,” ujarnya.

Politisi senior di Sumbar ini mengaku heran kendalanya dimana, kenapa bantuan belum kunjung cair sampai sekarang, padahal, imbuhnya, saat pengajuan ke DPRD belum lama ini pemerintah daerah menyakinkan bahwa penyaluran bantuan akan segera dilaksanakan begitu penerapan PSBB efektif.

Ia menegaskan, pihaknya berencana menuntut pemerintahan daerah ke pengadilan, jika dalam seminggu ini bantuan yang telah dijanjikan sebelumnya tidak juga disalurkan. Alasannya, pemerintah telah lalai menunaikan kewajibannya sejak PSBB diterapkan di Sumbar.

"Sekarang ini masyarakat luas terzalimi. Mereka tidak bisa kemana-mana karena aturan PSBB menghendaki demikian," terangnya. 

"Kita akan minta pendapat ahli hukum, jika ada peluang, saya akan maju, menuntut pemerintah yang saya nilai telah zalim ini," katanya.

Afrizal juga menyatakan, akan menggunakan hak-hak politiknya sebagai anggota DPRD Sumbar. "Kita lihat kondisinya dulu. Kalau tak kunjung beres juga, bagaimana lagi. Kita akan maju terus untuk rakyat," tegas Afrizal. (*)

loading...
Reporter : Leni Marlina /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 April 2019 - 16:29:06 WIB

    10 Tahun jadi Anggota Dewan, Syafrizal ke Kantor Naik Sepeda Motor

    10 Tahun jadi Anggota Dewan, Syafrizal ke Kantor Naik Sepeda Motor PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN. COM--Sepuluh tahun, bukan lah waktu yang singkat. Hampir selama itu pula lah amanah yang sudah disandang Syafrizal sebagai anggota DPRD Kota Payakumbuh. .
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 20:17:59 WIB

    Andre Rosiade Dukung Afrizal, Poros Tengah Belum Bubar

    Andre Rosiade Dukung Afrizal, Poros Tengah Belum Bubar PADANG, HARIANHALUAN.COM--Wasekjen DPP Gerindra, Andre Rosiade, menyatakan dukungannya kepada Ketua DPD Gerindra Padang, Afrizal, untuk maju pada Pilkada Padang 2018. Meski demikian, ia menegaskan bahwa rencananya berpasangan.
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:31:36 WIB

    Pilkada Padang: Andre Rosiade Beri Sinyal ke Afrizal BAC

    Pilkada Padang: Andre Rosiade Beri Sinyal ke Afrizal BAC Dukungan dari Andre untuk Afrizal mendapatkan respon yang sangat baik dari DPC Gerindra Padang. Wakil Ketua DPC Gerindra, Anif Bakhri menyampaikan rasa terimakasih kepada Andre Rosiade yang telah memberikan dukungan..
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 15:17:04 WIB

    Golkar Sumbar Sebut Nama Afrizal Sebagai Cawako

    Golkar Sumbar Sebut Nama Afrizal Sebagai Cawako PADANG, HALUAN—Ketua Harian DPD Partai Golkar Sumbar H Khairunnas sebut nama Afrizal salah satu yang akan ikut bertarung dalam pilkada Padang Oktober 2018 mendatang, selain itu juga akan ada delapan nama yang juga diajukan .
  • Senin, 20 Februari 2017 - 20:03:14 WIB

    Diajukan Pemecatan, Erisman Tuduh Afrizal di Balik Skenario Dugaan 'Perselingkuhan'

    Diajukan Pemecatan, Erisman Tuduh Afrizal di Balik Skenario Dugaan 'Perselingkuhan' PADANG, HALUAN----Ketua DPRD Kota Padang Erisman Senin (20/2) mengatakan, tidak takut dengan ancaman Ketua DPC Gerindra Kota Padang Afrizal yang akan mengajukan pemecatan kepada dirinya..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]