Melalui Dana Desa, DPMD Sumbar Komitmen Wujudkan Kemandirian Desa


Sabtu, 25 April 2020 - 19:01:41 WIB
Melalui Dana Desa, DPMD Sumbar Komitmen Wujudkan Kemandirian Desa Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbar terus mendorong terwujudnya kemandirian desa yang tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat. Karena itu berbagai upaya dalam memaksimalkan Dana Desa terus dilakukan, yaitu dengan memberikan payung hukum dan termasuk menggiring sebanyak mungkin terjadinya perputaran uang di desa.

Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kemendagri, Budi Antoro, sesuai dengan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya pengembangan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap dan kesadaran serta memanfaatkan sumberdaya melalui program dan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

Karena itulah program, kebijakan pemerintah harus selalu menjawab kebutuhan desa, sehingga terwujud kemandirian dan kesejahteraan. Misalnya, berkaitan dengan melemahnya ekonomi, maka Dana Desa harus mampu menggerakkan ekonomi di desa, menciptakan lapangan kerja dengan pola padat karya tunai.

"Diperlukan sinergi antara pusat dan daerah sehingga terjadi percepatan pencarian belanja dan penambahan target serta sasaran,” kata Budi Antoro, yang juga mantan Sekretaris Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumbar, Syafrizal mengatakan, bahwa dirinya termasuk gigih dan nyinyir mengecek proses pencairan Dana Desa ini.

“Saya tidak terikat pada jam kantor untuk mengecek kepada Bupati dan Walikota tentang proses pencarian Dana Desa ini, tengah malam pun saya hubungi jika ada yang mendesak,” kata Syafrizal, yang dikenal dengan panggilan Ucok ini. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 20:59:26 WIB

    Bupati Pessel Sampaikan LKPj 2019 kepada DPRD Melalui Vicon

    Bupati Pessel Sampaikan LKPj 2019 kepada DPRD Melalui Vicon HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2019, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan, dalam rapat paripurna melalui video conv.
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 16:52:21 WIB

    Taspen Bukittinggi Gelar Pelatihan Hidroponik Melalui Aplikasi Zoom

    Taspen Bukittinggi Gelar Pelatihan Hidroponik Melalui Aplikasi Zoom Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, mengikuti sosialisasi program kewirausahaan ASN 2020, berupa pelatihan hidroponik berbasis online melalui aplikasi  zoom meeting, yang diselenggarakan PT T.
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 18:10:49 WIB

    Melalui Dana Desa, Upah PKTD di Sumbar Terealisasi Rp6,5 M

    Melalui Dana Desa, Upah PKTD di Sumbar Terealisasi Rp6,5 M PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di Sumbar berbagai upaya terus dilakukan, termasuk penggunaan Dana Desa. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengalokasikan anggaran Dana Des.
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 12:42:27 WIB

    IDI Sumatera Barat: Patuhi PSBB! Penyebaran Corona Sudah Melalui Transmisi Lokal

    IDI Sumatera Barat: Patuhi PSBB! Penyebaran Corona Sudah Melalui Transmisi Lokal PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumatera Barat, dr. Pom Harry Satria meminta seluruh pihak mematuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah diterapkan di Sumbar. Hal te.
  • Kamis, 09 April 2020 - 17:20:54 WIB

    Musrenbang RKPD Kota Pariaman Dilaksanakan Melalui 'Vicon'

    Musrenbang RKPD Kota Pariaman Dilaksanakan Melalui 'Vicon' PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bappeda Kota Pariaman melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kota Pariaman Tahun 2021 melalui teleconference, Kamis(9/4-2020). Kegiatan itu diikuti OPD di lingkung.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]