Ini Penyebab Kenapa Pria Kerap Ereksi di Pagi Hari


Sabtu, 25 April 2020 - 22:43:45 WIB
Ini Penyebab Kenapa Pria Kerap Ereksi di Pagi Hari Ereksi di pagi hari merupakan fungsi normal sistem reproduksi pria. (Foto: iStock)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hampir setiap pria pasti pernah mengalami ereksi di pagi hari setelah bangun tidur dan itu adalah hal yang wajar. Tetapi mengapa ereksi tersebut bisa terjadi?

Mengutip dari detik.com, Sabtu (25/4/2020), dalam istilah medis ereksi jenis ini disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT). NPT tidak dipengaruhi oleh gairah seksual atau mimpi yang berkaitan dengan seks saat tertidur, melainkan ini adalah fungsi normal dari sistem reproduksi pria.

NPT cenderung terjadi ketika seseorang sudah masuk ke dalam fase tidur rapid eye movement (REM). Tidur REM umumnya terjadi pada 70-90 menit pertama setelah tertidur, dan terulang lagi setiap 90 menit kemudian. Ini adalah momen ketika seseorang mengalami mimpi saat tertidur.

Ereksi pun dapat hilang dengan sendirinya ketika seseorang sudah mulai memasuki tidur yang lebih lelap. Karena itu kemungkinan pria tanpa sadar mengalami ereksi beberapa kali pada saat tidur.

Faktanya jika seorang pria mengalami NPT dalam setiap hari, itu menunjukkan sistem saraf dan aliran darah ke penisnya normal dan sehat. Tetapi seiring bertambahnya usia, NPT akan lebih jarang terjadi.

Apabila kamu mengalami penurunan NPT dalam kurun waktu yang singkat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk dapat ditangani lebih lanjut. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 12:01:28 WIB

    Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael

    Bagaimana Dampaknya Olahraga Pakai Masker? Ini Kata dr. Michael HARIANHALUAN.COM -- Akhir-akhir ini beredar video yang memberitakan tentang bahaya berolahraga dengan menggunakan masker. Viralnya berita tersebut membuat banyak pecinta olahraga menjadi panik dan berusaha mencari penjelasan .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 15:08:17 WIB

    Vaksin dari China Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19

    Vaksin dari China Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Sinovac, perusahaan biotech asal China optimis vaksin Covid-19 buatannya bisa menyembuhkan penyakit virus corona pada manusia. Saat ini perusahaan sudah memasuki uji klinis vaksin fase 2 dengan uji coba pad.
  • Senin, 01 Juni 2020 - 10:36:34 WIB

    Ini 3 Jawaban WHO tentang Kebiasaan Merokok dan Infeksi Covid-19

    Ini 3 Jawaban WHO tentang Kebiasaan Merokok dan Infeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pro dan kontra terjadi terhadap hasil studi yang menyebut kebiasaan merokok mampu menekan kasus infeksi virus corona Covid-19. Hasil studi didapat dengan membandingkan proporsi pasien penyakit itu yang pero.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:57:30 WIB

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu HARIANHALUAN.COM - Ketika anjuran untuk tetap di rumah dan PSBB dilonggarkan banyak yang mulai beraktivitas di luar. Meski demikian semua orang tetap diimbau untuk mengenakan masker atau penutup wajah saat di luar rumah sebag.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:24:16 WIB

    Wow! Vaksin Corona Made in China Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini

    Wow! Vaksin Corona Made in China Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Vaksin Corona buatan China siap dipasarkan paling cepat akhir tahun ini hingga awal tahun depan. Pernyataan itu diungkap oleh Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi (SASAC) milik negara China..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]