Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia, Siapa Penggantinya?


Ahad, 26 April 2020 - 10:08:00 WIB
Kim Jong-Un Dikabarkan Meninggal Dunia, Siapa Penggantinya? Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengendarai kuda putih.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Isu dan kabar berhembus kencang tentang kesehatan diktator Korea Utara Kim Jong Un. Kim dikabarkan kritis dan meninggal dunia usai melakukan operasi kardiovaskular yang dijalaninya beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Business Insider, pada Minggu 26 April 2020, usai rumor itu berhembus muncul pertanyaan di publik tentang siapa yang nantinya menggantikan Kim Jong Un untuk memimpin Korea Utara.

Bahkan, Intelejen AS melaporkan adanya indikasi bahwa Kim baru-baru ini menjalani operasi jantung dan bahkan bisa lumpuh. Namun, Pemerintah Korea Selatan membantah laporan itu, tetapi belum meredam spekulasi.

Sementara itu, beberapa tokoh politik tertarik dan merasa ingin tahu tentang sosok keluarga Kim Jong Un yang tertutup, termasuk orang-orang yang dipercaya Kim dalam menjalankan pemerintahan.

Kim telah menjadi wajah Korea Utara bagi dunia dalam beberapa tahun terakhir, mengingat pengujian rudal dan perseteruannya dengan Presiden Donald Trump. Kim berasal dari garis pejabat Partai Komunis dan kepala negara Korea Utara. 

Seperti ayah dan kakeknya, Kim menyimpan detail penting tentang keluarganya yang dirahasiakan dari publik dan memberikan sedikit petunjuk tentang kehidupan istri dan anak-anaknya. 

Beberapa pengamat Korea Utara, seperti situs web Amerika, NK News, berspekulasi bahwa kemungkinan anggota keluarga tidak akan mengambil kekuasaan, dan sebagai gantinya pemimpin utama Partai Buruh Korea akan turun setelah perebutan kekuasaan.

Sementara dunia berspekulasi tentang kesehatan dan garis penggantinya, berikut adalah sosok-sosok misterius yang membentuk pohon keluarga pemimpin Korea Utara.

Kim Jong Un berada di pusat pohon keluarga yang kompleks dan tertutup. Kim Jong Un tercatat memiliki dua saudara kandung atau adik yaitu Kim Jong Choi (laki-laki) dan Kim Yo Jong (perempuan).

Selain itu, Kim Jong Un juga memiliki tiga anak dari istri sahnya Ri Sol Ju, namun ketiga anaknya tidak pernah dipublikasikan ke publik. Dan hanya diketahui satu bernama Kim Ju Ae (perempuan).

Dengan sedikitnya informasi tentang keluarganya, maka publik semakin sulit memastikan siapa yang akan menggantikan Kim jika dia meninggal dunia. Sehingga, meskipun Kim miliki satu saudara laki-laki yang masih hidup dan dua putra saat ini dipastikan mereka tak akan mengambil alih pimpinan Korea Utara. (*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]