Dikira Sudah Meninggal, Korban Gejala Corona 'Hidup' Lagi


Ahad, 26 April 2020 - 18:56:34 WIB
Dikira Sudah Meninggal, Korban Gejala Corona 'Hidup' Lagi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah rumah sakit salah mengidentifikasi korban meninggal dengan gejala serupa infeksi virus corona baru (covid-19) di Ekuador, Amerika Selatan. Akibatnya, keluarga kebingungan ketika pasien tersebut mengaku masih hidup sebulan kemudian.

Mengutip AFP pada Minggu (26/4), pasien tersebut adalah Alba Maruri (74). Ia dirawat di rumah sakit di Guayaquil, Ekuador pada Maret lalu karena keluhan panas tinggi dan kesulitan bernapas.

Ketika tengah dirawat, ia sempat tak sadarkan diri atau koma selama tiga minggu. Dokter yang menangani Alba kemudian menyampaikan ke keluarga Maruri telah meninggal.

Pihak rumah sakit sempat mengantar keluarga ke kamar mayat untuk melihat jasad Maruri. Namun, karena diduga punya gejala serupa corona, keluarga tak bisa melihat dari dekat.

Keponakan Maruri, Jaime Morla, mengatakan posisi jasad memunggungi dirinya sehingga bagian wajah tak terlihat. Namun wujud jasad tersebut serupa Maruri dari belakang, sehingga keluarga tak curiga.

"Aku satu setengah meter jauhnya [dari jasad]. Dia memiliki rambut yang sama, warna kulit yang sama. Bahkan memiliki luka seperti yang dimiliki bibiku baru-baru ini," ujarnya kepada AFP.

Setelah pihak keluarga mengkonfirmasi, jasad tersebut dibawa ke rumah duka dan dikremasi.

Namun, tak lama kemudian di ruang rawat berbeda, Maruri sadar dari koma dan memberi tahun dokter identitasnya. Ia pun meminta rumah sakit memanggil pihak keluarga.

"Para dokter pergi ke rumah bibiku untuk membenarkan dan memberi tahu mereka tentang kesalahan itu," lanjut Morla.

Ia menyatakan pihak keluarga berencana menuntut rumah sakit atas biaya kremasi dan kebingungan yang dialami. Pihak rumah sakit sampai sekarang belum tahu identitas jasad yang sudah dikremasi.

Setidaknya ada 22.719 kasus positif corona ditemukan di Ekuador. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.355 kasus sembuh dan 576 kasus meninggal dunia.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51:13 WIB

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara HARIANHALUAN.COM - Polisi India akhirnya melepaskan seekor merpati milik warga Pakistan karena sempat dikira mata-mata. Tapi akhirnya, merpati diputus tak bersalah..
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 07:13:29 WIB

    Dikira Hamil Gara-gara Renang Tanpa CD, Ternyata...

    Dikira Hamil Gara-gara Renang Tanpa CD, Ternyata... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang remaja berusia 17 tahun di Filipina mengira dia hamil oleh ikan. Namun, ternyata dia menderita kista ovarium yang menyakitkan..
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 16:22:21 WIB

    Dikira Kena Corona, Pria Ini Gantung Diri

    Dikira Kena Corona, Pria Ini Gantung Diri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang pria berusia 50 tahun di India nekat mengakhiri hidupnya. Ia mengira dirinya terinfeksi virus corona dan hendak melindungi keluarga agar tak tertular, padahal ia hanya menderita sakit Infek.
  • Ahad, 10 Juli 2016 - 15:03:56 WIB

    Dikira Maling, MalahTertangkap Basah Berbuat Mesum

    Dikira Maling, MalahTertangkap Basah Berbuat Mesum PADANG, HALUAN - Akibat ulah nekadnya yang hendak menginap di kediaman pasangannya, WFS (15) warga Palinggam, Kecamatan Padang Selatan, Yanurdi Yus alias Zal (22) warga Jondul Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan ini mal.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]