DPMD Sumbar: Pembangunan Jadi Unggulan Wujudkan Nagari Mandiri


Senin, 27 April 2020 - 06:10:07 WIB
DPMD Sumbar: Pembangunan Jadi Unggulan Wujudkan Nagari Mandiri Nagari. Foto: wikipedia

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar, Syafrizal mengatakan Badan Musyawarah Desa (BAMUS) merupakan hal yang sangat mutlak kehadirannya. Pasalnya, berhasil tidaknya implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa tergantung dari peran BAMUS ini.

"Jadi BAMUS merupakan ujung tombak perencanaan dan pengawasan pembangunan di Nagari," kata Syafrizal dikutip dari laman resmi DPMD Sumbar, Senin (27/4/2020).

Sebagaimana diketahui, kata Syafrizal, pembangunan Nagari merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Artinya pembangunan Nagari merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat terpisahkan dengan Pembangunan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, Syafrizal menuturkan, pembangunan Nagari harus didukung oleh seluruh sektor dari berbagai tingkatan pemerintahan dan kelembagaan Desa dan Nagari.

Hal ini sesuai pula dengan agenda Presiden yang dirumuskan dalam "Nawacita” ke lima yaitu “Meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia  melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan latihan dengan program Indonesia Pintar serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program Indonesia Kerja dan Indonesia Sejahtera".

Lebih lanjut, kata Syafrizal, bahwa Undang-undang Desa mengatakan bahwa pembangunan Desa dilaksanakan dengan dua pendekatan yaitu, pendekatan Desa Membangun dan Membangun Desa.

Desa Membangun merupakan upaya yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa dan Lembaga Masyarakat Desa untuk membangun desanya. Sedangkan Membangun Desa adalah upaya yang harus dilakukan oleh Lembaga di luar Desa untuk membantu Desa, terutama sekali membangun sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh Desa tersebut.

"Makanya desa harus dikeroyok bersama-sama demi tercapainya desa yang mandiri dan sejahtera," tukasnya. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]