Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Cara Mengatasinya


Senin, 27 April 2020 - 08:16:24 WIB
Penyebab Rambut Rontok Terus-menerus dan Cara Mengatasinya Rambut rontok pada pria. Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Rambut rontok parah bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari medis, genetika, stres hingga kekurangan vitamin. Penyebab rambut rontok terus-menerus yang lainnya juga bisa jadi karena perubahan hormon, terutama pada wanita.

Kondisi rambut rontok saat hamil dan setelah melahirkan biasa akan semakin tinggi, karena perubahan hormon tersebut. Namun tenang, untuk mengatasinya ternyata ada tanaman obat. Tanaman herbal ini terbukti membantu meningkatkan aliran darah untuk pertumbuhan rambut.

Namun jangan salah, rambut rontok juga bisa terjadi pada bayi, anak, pria maupun wanita di berbagai usia. Prosesnya biasanya bertahap, mulai dengan menipis rambut atau bisa tiba-tiba berubah, hampir dalam semalam. Yuk kita simak cara mengatasinya.

Jangan takut, untuk mengatasinya kita harus kembali ke alam. Dikutip dari Viva.co.id, Senin (27/4/2020), ginkgo biloba dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

Meskipun tidak ada pil ajaib yang tiba-tiba bisa membuat rambut tebal dan bercahaya. Tetapi penelitian membuktikan herbal, vitamin dan mineral tertentu yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

Ginkgo biloba telah terbukti berpotensi membantu memperlambat proses kerontokan rambut, dan bahkan mendorong pertumbuhan baru.

Penting untuk dicatat bahwa, sebagian besar penelitian yang telah dilakukan adalah pada hewan. Diperlukan studi tambahan untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Apa Itu Ginkgo Biloba?

Ginkgo biloba adalah suplemen populer dan salah satu obat herbal terlaris.

Ekstrak Ginkgo biloba dibuat dari daun hijau kering tanaman dan juga tersedia dalam ekstrak cair, kapsul, dan tablet.

Sifat terapeutik tanaman ginkgo dikatakan termasuk pengobatan untuk gangguan darah dan gangguan ingatan, peningkatan fungsi kardiovaskular dan untuk membantu meningkatkan kesehatan mata.

Ginkgo mengandung flavonoid dan terpenoid tingkat tinggi, antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kerusakan sel oksidatif dari radikal bebas berbahaya.

Ginkgo Biloba Atasi Kerontokan Rambut

Ketika kita ingin menyehatkan folikel rambut dengan cara alami, ginkgo biloba adalah pilihan yang bagus.

Efeknya seperti infus, herbal ini secara teratur akan masuk ke akar rambut dan membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh kulit kepala. Pada gilirannya membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Ginkgo Biloba Menurut Penelitian

Dalam sebuah penelitian dengan MPB Research, ginkgo biloba dan efektivitasnya dalam membantu mengobati kerontokan rambut diteliti.

Studi tersebut mencatat: ""Kerontokan rambut bukan hanya cerita tentang berkurangnya sirkulasi; Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ia memainkan peran penting dalam alopecia."

"Resistensi DHT dan insulin keduanya terkait dengan insufisiensi mikrovaskuler yang menghasilkan miniaturisasi progresif folikel rambut."

"Untungnya, proses ini dapat dilawan dengan cara topikal dan sistematis. Konsumsi sistematis ekstrak ginkgo biloba telah terbukti meningkatkan dan mempertahankan sirkulasi kapiler mikro perifer, pada akhirnya meningkatkan atau mempertahankan pertumbuhan rambut."

Berkat sifat tanaman ini dan kontribusinya dalam flavonoid dan asam amino seperti arginin, metionin, dan sistin, semuanya membantu meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah di folikel rambut.

Ginkgo biloba adalah salah satu tanaman obat yang paling terkenal. Dan pohonnya berumur panjang. Tanaman ini berasal dari Tiongkok, dan telah menjadi pilar penting dalam pengobatan tradisional di sana. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]