Mudah dan Praktis, Begini Cara Bikin Klapertart Klasik untuk Berbuka Puasa


Senin, 27 April 2020 - 10:00:16 WIB
Mudah dan Praktis, Begini Cara Bikin Klapertart Klasik untuk Berbuka Puasa Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Berbicara mengenai makanan, Indonesia banyak sekali memiliki kuliner yang bisa direcook ulang. Selain enak bahan-bahan yang digunakan juga gampang didapat. Apakah Anda sudah punya ide untuk santapan berbuka puasa nanti ? Bagi yang senang memasak dan sedang belajar masak tak ada salahnya mencoba membuat klapertart klasik yang gampang di rumah.

Klapertart adalah kue khas Manado yang terpengaruh dari kuliner Belanda. Meskipun kini banyak terdapat variasinya, klapertart khas Manado tetap disukai banyak orang. Ciri khas pada klapertart klasik ini adalah adanya campuran daging kelapa muda dan topping seperti almond, kismis, dan kayu manis bubuk.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut dijamin membuat siapapun ketagihan menikmatinya. Klapertart yang banyak dijual biasanya dikemas dalam wadah kecil. Bila membuat sendiri, Anda tentu bisa menyajikannya dalam wadah lebih besar, seperti pinggan pyrex atau aluminium foil.

Wah, penasaran bukan ? Walaupun harus berdiam diri di rumah Anda tetap nisa berkreatifitas. Yuk, siapkan bahan-bahan untuk membuat klapertart nya..

Bahan A :

⁃ 75 gr Tepung terigu
⁃ 25 gr Tepung maizena
⁃ 30 gr susu bubuk full cream
⁃ 2 butir telur, ambil kuningnya saja
⁃ 2 sdm margarin dan lelehkan
⁃ 250 ml air kelapa murni
⁃ 100 gr gula pasir
⁃ 1/2 sdt vanila essent
⁃ Cup atau alumunium foil ukuran sedang

Bahan B :

⁃ 250 gr daging kelapa muda
⁃ 15 gr kacang kenari, bisa diganti dengan almond ataupun mede
⁃ 20 gr kismis

Bahan topping dan taburan :

⁃ Putih telur
⁃ 1/8 gr garam
⁃ 20 gr gula pasir
⁃ Kayu manis bubuk

Langkah pertama, oles cup atau wadah aluminium foil dengan margarin tipis, lalu sisihkan. Campur semua bahan A kecuali gula pasir kemudian aduk rata hingga licin kemudian saring. Setelah itu, baru masukkan gula pasir dan diaduk rata. Masak campuran tersebut di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga mengental.

Langkah selanjutnya, masukkan semua bahan B ke dalam campuran tadi dan aduk hingga rata. Tuang campuran tersebut ke dalam 2 wadah aluminium foil yang sudah diolesi margarin dan sisihkan terlebih dahulu. Anda bisa membuat toppingnya terlebih dahulu dengan cara kocok putih telur dan garam hingga berbusa. Lalu tambahkan gula pasir dalam 2 tahapan setelah itu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan kaku.

Ambil topping tadi dan ratakan di atas adonan klapertaart. Anda bisa beri taburan bubuk kayu manis, kenari slice, dan kismis di atasnya. Jika sudah, panggang adonan dengan metode au bain marie (siapkan loyang, isi air setinggi 2 cm, lalu taruh cup aluminium klapertaart di dalam loyang) dalam suhu 170°C selama 35 menit api bawah dan 5 menit api atas bawah. Sesuaikan dengan tipe oven masing-masing ya.

Jika sudah angkat dan siap disajikan. Daging kelapa muda yang telah dikeruk harus tetap direndam dalam air kelapa, agar warnanya tidak menghitam. Pakailah wadah berukuran besar agar daging kelapa muda terendam seluruhnya dalam air kelapa. Selamat mencoba di rumah ya! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]