Awas! Akibat Kecanduan Isap Lem Aibon, Remaja Ini Jadi Kerap Ngamuk


Senin, 27 April 2020 - 17:09:22 WIB
Awas! Akibat Kecanduan Isap Lem Aibon, Remaja Ini Jadi Kerap Ngamuk Ilustrasi

TASIKMALAYA, HARIANHALUAN.COM -  Seorang pelajar SMP di Tasikmalaya kecanduan mengisap lem hingga mabuk. Akibatnya, remaja ini kerap mengamuk hingga merusak perabotan rumah orang tua dan tetangganya.

Peristiwa ini diketahui setelah video seorang remaja di ikat orang dewasa beredar. Berdasarkan penelusuran Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Kabupaten Tasikmalaya, kejadian ini terjadi di kampung Cibenda, Leuwisari. Remaja yang terekam dalam video sengaja diikat keluarganya berinisial A (14).

"Videonya sampai ke kita dan kita telusuri memang ini terjadi di Sebuah Kecamatan di Tasikmalaya, dan kita sudah ke rumah remaja ini," Ucap Ato Rinanto, Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, senin (27/4/2020).

Pelajar kelas delapan SMP ini terpaksa diikat karena kerap mengamuk. Selain merusak fasilitas dan perabotan rumah, A juga sering merusak rumah tetangga orang tuanya.

Penyebabnya, A diduga kecanduan menghisap lem aibon hingga mabuk. A sering mengamuk jika permintaannya membeli lem ditolak keluarga.

"Jadi keluarganya ini sengaja ikat A karena sering mengamuk. Ternyata kita dalami ini disebabkan diduga akibat kecanduan lem. A kecanduan isap Lem sejak satu tahun lalu. Jika tidak diberi uang untuk beli lem maka akan ngamuk rusak rumah perabotan sampai rusak beberapa rumah tetangga," jelas Ato

Di hadapan Satgas KPAI, A mengaku mulai menghisap lem sejak duduk dibangku kelas tujuh. Lem yang dibeli ukuran kecil seharga Rp 4 ribu.

Selain merasakan layaknya orang mabuk, A juga menjadi tempramental akibat kecanduan."Belinya lem kecil pak, mulai kelas satu SMP sampai kelas dua" ucap A singkat.

Pihak KPAID tetap meminta orang tetap memberlakukan A sebagai anak, tanpa melakukan tindak kekerasan. A akan menjalani pemulihan psikologis hingga medis agar kecanduan hisap lem bisa ditanggulangi. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]