Masa Pandemi, Polresta Padang Tetap Siagakan 211 Personel untuk Operasi Ketupat 2020


Senin, 27 April 2020 - 20:41:48 WIB
Masa Pandemi, Polresta Padang Tetap Siagakan 211 Personel untuk Operasi Ketupat 2020 Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 211 personel Polresta Padang diturunkan untuk menggelar Operasi Ketupat 2020 yang digelar selama lebih kurang 37 hari yang dimulai tanggal 24 April hingga 31 Mei 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan yang didampingi Kasatlantas Polresta Padang AKP Syukur Hendri Saputra di Mapolresta Padang, Senin (27/4/2020).

"Biasanya operasi ketupat tersebut berlangsung selama 14 hari, namun tahun ini ada perbedaan dikarenakan situasi seperti saat sekarang ini," ujar Yulmar.

Dikatakannya, operasi ketupat setiap tahun digelar oleh Polri sebagai upaya terpadu pengamanan mudik Lebaran. Tapi, Operasi Ketupat 2020 sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. "Penyebabnya tak lain karena Indonesia saat ini tengah menghadapi wabah virus corona. Sejumlah kebijakan langsung diambil untuk mencegah penyebaran semakin luas," ucap Yulmar.

Disebutkan Yulmar, fokus operasi ketupat masih seperti biasa yaitu antisipasi kemacetan serta antisipasi terjadinya tindak kriminal selama operasi ketupat. "Namun tahun ini, juga akan difokuskan pengecekan terhadap masyarakat yang datang ke Kota Padang guna pencegahan penyebaran Covid-19," jelas Yulmar.

Selama Operasi Ketupat berlangsung, sebut Yulmar, pihaknya akan mendirikan tiga titik pos pengamanan (pospam) dan tiga titik pos pelayanan (posyan) yang didirikan di lokasi perbatasan dan titik keramaian yang biasanya terjadi di kota Padang. "Tiga titik Pospam yaitu Pospam Bungus, Pospam Ladang Padi dan Pospam Cimpago. Sedangkan, posyan yaitu posyan Basko, Posyan Transmart dan Posyan Plaza Andalas," jelasnya. 

Yulmar mengimbau kepada para perantau janganlah pulang dulu karena masih tersebarnya Covid-19, sayangilah keluarga di rumah jangan sampai orang tua menjadi sasaranya. "Kalau sudah terlanjur pulang, silakan isolasi mandiri dirumah dan beritahu Ketua RT dan Ketua RW supaya kita bebas dari polemik virus corona," tutupnya. (*)

 Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]