Heboh! #UnandJanganPelit Jadi Trending Twitter, Mahasiswa Desak Pangkas UKT dan Kuota Gratis


Selasa, 28 April 2020 - 13:11:18 WIB
Heboh! #UnandJanganPelit Jadi Trending Twitter, Mahasiswa Desak Pangkas UKT dan Kuota Gratis Screenshoot Trending Topic di Twetter

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menghadapi kuliah daring di tengah pandemi Covid-19, Universitas Andalas (Unand) berencana akan memberikan bantuan kuota internet kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan penerima biaya UKT level 1. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor (WR) IV Unand Hefrizal Handra.

“Bantuan yang akan dilakukan nanti berupa kuota internet kartu Telkomsel yang rencananya sebesar 8 GB untuk satu mahasiswa per bulan,” ungkap Hefrizal dikutip dari situs Genta Andalas.

Dana bantuan tersebut berasal dari pemotongan biaya perjalanan dinas pihak Unand, baik dari bidang fakultas maupun dari rektorat dengan jumlah total mencapai Rp 1,2 miliar. Namun karena diperlukannya pembiayaan lain dalam ruang lingkup Unand membuat bantuan tersebut dikhususkan hanya untuk mahasiswa tertentu.

“Adanya pembiayaan lain yang harus ditanggung Unand seperti pembiayaan untuk operasi Rumah Sakit Unand dan laboratium Unand, menyebabkan alokasi bantuan ini hanya diberikan kepada mahasiswa penerima Bidikmisi dan mahasiswa penerima UKT level satu,” jelas Hefrizal.

Namun, di Twitter sedang trending #UnandJanganPelit karena mahasiswa Unand merasa pembagian kuota internet gratis tidak merata dan hanya untuk mahasiswa dengan UKT level 1. Di Instagram @infounand pun juga informasikan untuk 'Ngetrending Bareng'.

Di beberapa ciutan di Twitter tersebut mahasiswa mengkritik pihak kampus. Seperti @boleank19 "Universitas Andalas itu ada bagus ada jeleknya: Bagusnya gedung rektoratnya, perpustakaannya, cewe2nya. Jeleknya: JALANNYA macam t**, GEDUNG KULIAHnya yg kalo setan aja kepanasan, SAMA PENDENGARAN REKTORnya itu jelek sekali #UnandJanganPelit".

Kemudian dari akun @elsawidiafitri," Kapan sila ke 5 akan diterapkan? Tidak semua mahasiswa non BM itu mampu! Tidak semua mahasiswa UKT tinggi itu kaya! Bukannya kami dibantu malah kami dibiarkan sengsara. Bantuan ada tapi bukan untuk semua mahasiswa #UnandJanganPelit".

Di keterangannya, mahasiswa Unand beramai-ramai nge-tweet pada tanggal 27 April pukul 22.00 WIB dan mencapai trending topik di Twitter. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]