Tiba-tiba Perppu Corona yang Digugat Amien Rais Dkk Jadi Urgen, Kenapa..


Selasa, 28 April 2020 - 14:34:19 WIB
Tiba-tiba Perppu Corona yang Digugat Amien Rais Dkk Jadi Urgen, Kenapa.. Wakil Ketua MK Aswanto dalam sidang dengan agenda pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK, Jakarta. Foto: Antara

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mahkamah Konstitusi menegaskan pengujian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 terkait penyesuaian keuangan negara akibat wabah COVID-19 yang dilakukan secara langsung di ruang sidang merupakan perkara yang mendesak atau urgen.

"Kami menganggap ini salah satu perkara dianggap urgen, maka kami tetap melakukan persidangan," ujar Wakil Ketua MK Aswanto dalam sidang dengan agenda pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK, Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (28/4/2020).

MK telah meniadakan sidang pengujian undang-undang selama wabah COVID-19 dan pengujian Perppu Nomor 1 Tahun 2020 itu merupakan yang pertama dilakukan sejak wabah pada Maret 2020.

Ia menuturkan sesuai protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam hal persidangan, sidang atau perkara yang dianggap mendesak tetap dapat dilakukan di tengah pandemik COVID-19.

Sesuai dengan protokol kesehatan serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB), MK melakukan pembatasan jumlah kuasa hukum pemohon serta pengunjung dalam ruang sidang.

Terhadap hal itu, Aswanto sebagai ketua panel meminta agar para pemohon serta pengunjung memaklumi pembatasan yang dilakukan.

"Kami minta maaf harus ada pembatasan jumlah kuasa hukum yang hadir di ruangan mau pun pengunjung. Ini karena kebijakan atau protokol yang ditentukan pemerintah mau pun WHO," tutur Aswanto yang didampingi Hakim Konstitusi Daniel Yusmic Foekh serta Wahiduddin Adams.

Ada pun Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 138/PUU-VII/2009 menambah kewenangan MK untuk menguji peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang.

Di sisi lain, putusan itu memberikan hak konstitusional kepada masyarakat pencari keadilan apabila merasa hak konstitusional dirugikan dengan ditetapkannya sebuah perppu. (*)

 Sumber : Antara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 21:16:08 WIB

    Tiba-tiba Luhut Video Call ke Washington, Ada Apa Ini?

    Tiba-tiba Luhut Video Call ke Washington, Ada Apa Ini? HarianHaluan.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan menghadap Presiden Joko Widodo, Jumat (15/5/2020). Dalam kesempatan itu, Luhut melaporkan tindak lanjut pem.
  • Kamis, 09 April 2020 - 21:25:10 WIB

    SBY Tiba-tiba Puji Jokowi, Ada Apa Nih?

    SBY Tiba-tiba Puji Jokowi, Ada Apa Nih? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak jadi menetapkan dan menerapkan keadaan darurat sipil dalam penanganan virus Corona COVID-.
  • Senin, 06 April 2020 - 08:08:48 WIB

    Kerisauan Anies dan Angka Pemakaman di DKI yang Tiba-tiba Meninggi

    Kerisauan Anies dan Angka Pemakaman di DKI yang Tiba-tiba Meninggi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaruh perhatian pada angka pemakaman jenazah di Jakarta. Khususnya bagi pemakaman jenazah dengan (prosedur tetap) protap virus Corona..
  • Sabtu, 13 Juli 2019 - 18:50:22 WIB

    Prabowo Ketemu Jokowi, Amien Rais: Kok Tiba-tiba Nyelonong?

    Prabowo Ketemu Jokowi, Amien Rais: Kok Tiba-tiba Nyelonong? SLEMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku tak mengetahui pertemuan antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo siang tadi di Jakarta. Amien belum bisa berkomentar jauh soal.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]