Diambil Tahun 1946, Ini Foto Pertama Bumi dari Luar Angkasa


Selasa, 28 April 2020 - 19:47:28 WIB
Diambil Tahun 1946, Ini Foto Pertama Bumi dari Luar Angkasa Foto bumi yang diambil tahun 1946

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Roket White Sands yang diterbangkan tahun 1946 menjadi roket pertama dalam sejarah astronomi yang diterbangkan ke luar angkasa dengan tugas untuk mengambil foto Bumi. Foto tersebut yang lalu menjadi foto pertama Bumi yang diambil dari luar angkasa. Menakutkan kah?

Roket White Sands sendiri merupakan salah satu roket milik Jerman yang digunakan saat perang tahun 1945 lalu. Nama resmi dari White Sands adalah V-2 no 14.

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Setelah sekutu mengalahkan Jerman, Amerika Serikat lalu menangkap roket-roket tersebut sebelum kemudian digunakan untuk diterbangkan ke luar angkasa. Roket V-2 dengan teknologi 65 mil lalu mengemban tugas penting ini.

Mengutip Mashable, Roket White Sands pertama kali diluncurkan pada 24 Oktober 1946 di White Sands Missile Range di White Sands, New Mexico.

Baca Juga : Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

Usai berhasil diterbangkan, roket V-2 atau White Sands ini lalu mengambil foto pertama Bumi dari luar angkasa. Setelah itu, banyak misi yang lalu dilakukan untuk memantau Bumi dan keadaan luar angkasa.

Walaupun masih beresolusi rendah, saat roket V-2 kembali ke Bumi, para ilmuwan di White Sands Missile Range, New Mexico sangat antusias dengan pemandangan yang nampak di foto pertama Bumi ini.

Baca Juga : Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

Kesan ghostly sangat terasa dari foto pertama Bumi dari luar angkasa ini. Diduga kuat, kesan tersebut karena resolusi foto yang begitu rendah.

Tujuan misi ini pertama kali sebenarnya adalah karena para ilmuwan ingin mengetahui dan memahami bagaimana sinar kosmik galaksi bekerja. Mendapat foto pertama Bumi dari luar angkasa adalah bonus dari misi ini.

Baca Juga : WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

Bumi bagi manusia pada umumnya adalah rumah, melihat rumah dari dunia luar terlebih dari luar angkasa angkat memberikan sensasi berbeda.

Wajar jika dalam misi apapun, saat astronot bepergian ke luar angkasa, menyaksikan Bumi sebagai rumah adalah hal menyenangkan. Mengabadikan wujud Bumi dari luar angkasa lalu menjadi hal wajib.

Terungkapnya foto pertama Bumi dari luar angkasa ini dilakukan sekaligus untuk merayakan Hari Bumi yang baru saja dirayakan beberapa waktu yang lalu. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : Suara.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:31:51 WIB

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

    10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih Bagi Anda kaum Adam yang ingin memiliki istri lebih dari satu, tak ada salahnya mencoba pindah kewarganegaraan ke Rusia. Sebab, di sana populasi yang tidak seimbang antara perempuan dan laki-laki membuat pemerintahnya mengelu.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 16:20:38 WIB

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

    Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila Belakangan ini seolah tak hentinya Bill Gates melontarkan peringatan tentang bahaya perubahan iklim. Salah satunya terkait kondisi cuaca yang bisa jadi akan semakin ekstrim pada masa-masa mendatang..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 12:46:25 WIB

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

    Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar Kepolisian Myanmar kembali melepaskan tembakan untuk membubarkan para demonstran antikudeta yang memadati jalan-jalan di Myanmar pada Minggu (28/2). Seorang pengunjuk rasa dilaporkan tewas tertembak sementara yang lain mengal.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 11:23:47 WIB

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid

    WHO Pusing, Ada Ancaman Baru ke Vaksin Covid Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah 'pusing'. Ini terkait pasokan vakin corona (Covid-19) yang adil ke seluruh dunia..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 14:51:11 WIB

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman pada Kamis (25/2). Dalam percakapan perdana sejak Biden resmi menjadi pemimpin negara adidaya itu, ia menekankan komitmen AS untuk me.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]