Waspada Perang! Kapal AS Masuk Laut China Selatan, Tiongkok Mengamuk


Rabu, 29 April 2020 - 08:44:32 WIB
Waspada Perang! Kapal AS Masuk Laut China Selatan, Tiongkok Mengamuk Armada Amerika Serikat di Laut China Selatan.

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Di saat dunia tengah sibuk dengan pandemi corona (COVID-19), tensi dua negara yakni China dan Amerika Serikat makin tinggi. Kali ini, militer China dan AS panas di Laut China Selatan. Kapal perang AS dikatakan melakukan tindakan provokatif. Militer China bahkan menyebut kapal perang AS melanggar kedaulatan negara itu.

"Kapal perang USS Barry menerobos masuk ke perairan di sekitar Kepulauan Paracel tanpa izin," kata Juru Bicara militer China (PLA) dari Komando Southern Theatre Li Huamin, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (29/4/2020).

Baca Juga : Benarkah? Hasil Studi Sebut Anjing Pelacak Bisa Deteksi Covid-19 Seminggu Sebelum Hasil PCR

Hal ini, ujarnya, mendorong perintah untuk mengintensifkan patroli udara dan laut. Bukan cuma untuk melacak dan memantau, tapi juga mengidentifikasi dan mengusir AS. "Tindakan-tindakan provokatif oleh pihak AS ini ... telah secara serius melanggar kedaulatan dan kepentingan keamanan China," katanya lagi melalui akun media sosial WeChat.

"AS sengaja meningkatkan risiko keamanan regional dan dapat dengan mudah memicu insiden yang tidak terduga. Tindakan itu tidak sesuai dengan suasana saat ini karena komunitas internasional tengah memerangi pandemi ... serta perdamaian dan stabilitas regional."

Baca Juga : Inggris Temukan Lagi 16 Kasus Varian Baru COVID-19, Mengandung Mutasi E484K

Pernyataan China ini datang setelah media Taiwan melaporkan berlayarnya kapal perang AS, USS Barry bermarkas di Yokosuka Jepang, di Selat Taiwan sebanyak dua kali di April ini. Sehari setelahnya, kapal induk militer China Liaoning juga melewati area tersebut. Kepulauan Paracel dikenal dengan nama Kepulauan Xisha oleh China. Ada lebih dari 30 pulau yang membentang di antara garis pantai Vietnam dan China.

Meski begitu, pulau ini juga diklaim Vietnam sebagai Kepualaun Hoang Sa. Paracel juga diklaim Taiwan. Hampir seluruh wilayah Laut China Selatan diklaim China. Ini membuat sejumlah negara ASEAN bersitegang dengan negara itu. Sementara itu sebelumnya, tiga kapal perang AS dan Australia memasuki kawasan malaysia di Laut China Selatan. 

Baca Juga : Selandia Baru Diguncang Gempa Bumi 8,1 SR: Peringatan Tsunami Dibunyikan, Warga Diminta Pindah ke Tempat Lebih Tinggi

Sebagaimana dilaporkan Reuters, USS Amerika, USS Bunker Hills, USS Barry dan Australia HMAS Parramatta memantau kawasan itu di saat sebuah kapal China masuk di kawasan eksplorasi minyak Petronas. (*)

Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]