Pertama di Sumbar, Wali Kota Pariaman Salurkan BLT Dana Desa Lewat BNI


Kamis, 30 April 2020 - 17:39:56 WIB
Pertama di Sumbar, Wali Kota Pariaman Salurkan BLT Dana Desa Lewat BNI Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kota Pariaman menjadi daerah pertama di Sumbar yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa. Untuk BLT dari alokasi dana desa ini, uangnya telah berada di Bank BNI dan sudah dibuatkan buku tabungan BNI secara kolektif berdasarkan nama penerima BLT yang telah ditetapkan.

"Hari ini kita telah menyalurkan BLT dari Dana Desa, dimana berdasarkan informasi kita dapatkan Kota Pariaman ini yang pertama menyalurkan BLT dari Dana Desa," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat penyerahan secara simbolis di Kantor Desa Kuarai Taji, Pariaman Selatan, Kamis (30/4/2020).

Ia mengatakan, Dana BLT itu saat ini sudah berada di Bank, para penerima langsung diberikan buku tabungan dan ATM dan sudah bisa diambil langsung oleh penerima. "Jadi Penerima BLT Dana Desa langsung menerima buku tabungan dan atm dari BNI dan bantuan ini juga bebas biaya administrasi," katanya.

Hal ini, disamping memudahkan penerima BLT dan juga physical distancing tapi yang terutama edukasi untuk e-money warga Kota Pariaman dan penyaluran BLT ini lebih transparan. Pada saat yang sama juga Walikota juga telah menetapkan penerima BLT yang bersumber dari APBD Kota Pariaman dan untuk penerima BLT yang bersumber dari APBD Provinsi juga telah disampaikan ke Gubernur Sumatera Barat pada senin (27/4) yang lalu.

"Kita telah menyelesaikan validasi semua data secara terpadu untuk menghindari tumpang tindih bantuan ini," katanya.

Genius menyampai nama penerima bantuan BLT tertera di kantor desa dan kantor kelurahan, untuk control BLT ini agar tidak ganda, pemda pariaman juga memasang sticker penerima bantuan di rumah-rumah warga. "Kami juga melakukan pemasangan stiker pada rumah penerima BLT," ujarnya.

Genius juga menyampaikan, jika ada warga yang baru pulang dari perantauan dan terdampak Covid-19, tapi tidak masuk data penerima BLT agar melapor pada Kades atau Lurah. "Terserah mereka punya KTP Pariaman atau tidak," ujarnya.

Hadir pada saat penyerahan buku tabungan BLT, Pincab BNI Kota Pariaman Defitrial dan Kadis PMD Provinsi Syafrizal Ucok Dt Nan Batuah dan Kadis PMD Kota Pariaman Efendi Jamal. "Kita apresiasi pemerintahan Kota Pariaman yang pertama bisa menyalurkan BLT dari dana Desa," kata Syafrizal.

Ia berharap langkah Kota Pariaman diikuti juga oleh Kota dan Kabupaten lain di Sumbar ini, ia berharap pada minggu pertama Mei ini semua Kabuten/Kota telah bisa menyalurkan BLT ini. "Dana Desa boleh dialokasi hingga 25 parsen dari Dana di desa itu," katanya. (*)

Reporter : Imam Yuhendra /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]