Innalillahi! Kecelakaan Helikopter Kanada Tewaskan 1 Orang, 5 Lainnya Hilang


Jumat, 01 Mei 2020 - 07:18:44 WIB
Innalillahi! Kecelakaan Helikopter Kanada Tewaskan 1 Orang, 5 Lainnya Hilang Ilustrasi helikopter hilang kontak. (Foto: (AP Photo/Ghaith Alsayed)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Satu jenazah pelaut Kanada, Abbigail Cowbrough ditemukan di antara puing-puing helikopter angkatan laut Kanada yang jatuh saat melakukan tugas gabungan NATO di laut antara Yunani dan Italia. Sementara lima awak lainnya hingga kini dilaporkan masih hilang.

Helikopter Cyclone Sikorsky CH-148 milik Angkatan Laut Kanada diketahui sempat hilang kontak setelah melakukan misi latihan gabungan pada Rabu (29/4) sebelum tiba di pangkalan kapal induk Fredericton.

"Kemarin, helikopter Angkatan Laut Kanada dalam misi NATO yang membawa enam anggota Angkatan Bersenjata jatuh di Laut Ionia, lepas pantai Yunani," ujar Perdana Menteri Justin Trudeau, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (1/5/2020).

"Satu korban telah ditemukan dan lima lainnya hilang," ujarnya.

Seorang perwira militer Yunani mengatakan puing-puing helikopter telah ditemukan di zona kontrol Italia. Ia mengonfirmasi jika puing-puing tersebut merupakan milik helikopter Kanada.

Helikopter Kanada tersebut memuat enam penumpang saat hilang kontak pada Rabu (29/4).

Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan mengatakan sejauh ini belum diketahui penyebab kecelakaan. Namun suar otomatis yang ditempatkan di perairan terdekat ditemukan di perairan tak lama setelah helikopter hilang kontak.

Dalam operasi pencarian dan penyelamatan ditemukan salah satu puing helikopter dalam ukuran besar. Pencarian dilanjutkan hingga di laut sedalam 914 meter.

Kepala staf pertahanan Kanda, Jon Vance juga mengatakan jika saat terjadi kecelakaan kru dan kapal sekutu tidak melakukan pengawasan atau operasi yang menarget kapal tertentu.

"Kami tidak bisa mengesampingkan faktor apa pun, tetapi saya cukup yakin dari situasi militer bahwa kecelakaan itu bukan kesalahan fungsi kontak atau karena ada aksi serangan," ujarnya.

Hasil investigasi bersama yang dilakukan Yunani, Italia, Turki, dan Amerika Serikat melaporkan helikopter tersebut melintasi perairan internasional sejauh 93 kilometer dari Kefalonia. Di waktu yang bersamaan, kapal perang Itlaia, Yunani, dan Turki juga ikut ambil bagian dalam latihan bersama dengan Kanada. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 22:24:21 WIB

    Innalillahi! Roy Martin Tewas Setelah Terjatuh dari Sumur

    Innalillahi! Roy Martin Tewas Setelah Terjatuh dari Sumur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Roy Martin (28), pria asal Desa Beber, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, tewas setelah terjatuh dari sumur. Kejadian terjadi pukul 13.00 Wita, Jumat, 17 April 2020..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]