Mudah kok! Ini Cara Membuat Palai Rinuak Khas Maninjau, Bikin Ketagihan


Jumat, 01 Mei 2020 - 09:15:17 WIB
Mudah kok! Ini Cara Membuat Palai Rinuak Khas Maninjau, Bikin Ketagihan Palai rinuak. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Selain keindahan alamnya yang sangat memukau, Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat memiliki kuliner yang sangat khas yaitu rakik rinuak atau sering juga disebut palai rinuak.

Rinuak merupakan ikan endemik yang ada di danau Maninjau. Ikan rinuak diklasifikasikan kedalam kelas Pisces; ordo Osphroneformes; famili Osphronemidae; genus Psilopsis dan spesies Psilopsis sp.

Masyarakat di kawasan danau Maninjau biasa menggunakan rinuak sebagai lauk untuk hidangan makan. Biasanya ikan rinuak digoreng atau dipepes. Kedua jenis makanan ini sangat digemari dan bisa membangkitkan gairah makan yang hilang.

Palai rinuak terbuat dari ikan rinuak yang diberikan bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus, palai yang berarti pepes dalam bahasa minang dan rinuak adalah sejenis ikan yang berukuran sebesar korek api yang banyak terdapat di danau maninjau, rasa ikan rinuak sangatlah gurih dan kita tidak akan menemuinya selain di Maninjau, namun ikan rinuak dapat kita ganti dengan ikan teri apabila kita susah mendapatkannya. Bagaimana cara membuatnya ? Siapkan bahan berikut ini:

Bahan utama:

⁃ 250 gram ikan rinuak / teri basah
⁃ 150 gr kelapa parut (pilih yang tidak terlalu tua)
⁃ 1 lembar daun kunyit, sobek-sobek
⁃ 1 batang daun bawang, iris tipis
⁃ daun pisang secukupnya

Bumbu halus

⁃ 4 buah cabe merah kertiting
⁃ 5 butir bawang merah
⁃ 2 siung bawang putih
⁃ 1 1/2 sdt garam
⁃ 1/2 sdt penyedap
⁃ 1/2 sdt lada bubuk

Langkah pertama, cuci bersih ikan rinuak, kemudian tiriskan. Kemudian campur ikan rinuak yang telah dicuci dengan bumbu halus, diamkan 30 menit, kemudian tambahkan daun bawang dan kelapa parut, aduk hingga semua bumbu tercampur rata.

Lalu, ambil selembar daun pisang kemudian alasi dengan sobekan daun kunyit. lakukan hingga ikan habis. Kukus selama 30 menit, setelah matang, dinginkan. Selanjutnya, bakar hingga berwarna kecoklatan, sajikan selagi hangat. Selamat Mencoba! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]