Mahasiswa Bantu Optimalkan Penyerapan Dana Desa di Sumbar


Sabtu, 02 Mei 2020 - 12:07:26 WIB
Mahasiswa Bantu Optimalkan Penyerapan Dana Desa di Sumbar Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa di daerah dinilai sangat bermanfaat dan berkontribusi untuk kemajuan Nagari. Program KKN yang biasanya berlangsung 2 bulan ini juga diharapkan dapat lebih lama sehingga program program desa dapat terealisasi dengan sempurna terutama dalam penyerapan Dana Desa.

Hadirnya mahasiswa sekaligus dapat menyokong SDM Nagari dan menambah wawasan serta membantu dalam melakukan berbagai program pemerintah. Selain jadi media pembelajaran untuk mahasiswa, program yang dijalankan oleh Mahasiswa bisa dikombinasikan dnegan program Nagari maupun desa, dan bisa menyerap anggaran Dana Desa lebih Optimal.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Syafrizal, kehadiran mahasiswa KKN di nagari dan desa, sangat membantu. Selain berbagi ilmu, berbagi ide, banyak program pembangunan di nagari dapat dipacu pelaksanaannya dengan kehadiran adik-adik mahasiswa KKN.

“Sinergitas antara potensi yang ada di nagari, seperti perangkat nagari dan pemuda nagari dengan intelektual muda dari kampus akan dapat melahirkan program praktis dan mendorong tingkat partisipasi masyarakat yang lebih baik,” kata Syafrizal, dikutip dari laman resmi DPMD Sumbar, Sabtu (2/5/2020).

Sejauh ini, kata Syafrizal Ucok, aktifitas mahasiswa di nagari dalam masa KKN cukup positif. Apalagi banyak program nagari dapat pula didorong percepatan serta tingkat partisipasinya. Bahkan Gubernur Sumbar sudah menyurati Bupati/Wako untuk memberikan arahan kepada Wali Nagari/Kades mengalokasikan dukungan dana untuk kegiatan mahasiswa KKN dalam anggaran nagari/desa.

Sementara itu, Hasrullah dari Unhas Makassar membagi pengalamannya dalam mengelola KKN, termasuk KKN Kebangsaan yang dicetuskannya. "Kata kunci keberhasilan program KKN adalah kolaborasi dengan berbagai pihak, di dalam maupun di luar kampus, swasta ataupun lembaga negara," kata Hasrullah.

Hasrullah berharap mahasiswa terlibat dalam perencanaan sehingga dapat memberikan Kontribusi lebih terhadap Daerah serta menggali lebih dalam tentang pariwisata dari berbagai sektor yang ada. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]