Corona Mewabah, UIN IB Padang Terapkan UAS dengan Sistem Daring


Sabtu, 02 Mei 2020 - 12:16:06 WIB
Corona Mewabah, UIN IB Padang Terapkan UAS dengan Sistem Daring UIN IB Padang. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang memperpanjang masa studi bagi calon wisudawan/wati ke-84. Begitu juga, masa pendaftaran ulang atau registrasi mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kebijakan ini merupakan kelonggaran kepada mahasiswa di tengah wabah virus Corona (covid-19).

Hal itu disampaikan Rektor UIN IB Padang melalui Surat Edaran Nomor B.759/Un.13/R/B.IV/PP.00.9/04/2020 tentang Kegiatan Akademik Dalam Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.

Surat tersebut menyusul adanya Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-713/Dj.1/Dt.1.III/TL.O0 04/2020 tentang tindak lanjut edaran Direktur Pendis bidang Litapdimas dan Surat Edaran Dirjen nomor B.759.DI.LII04/2020 tetang Perpunjangan Masa Belajar, Tugas Akhir, dan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Masa Tanggap Darurat Covid-19, serta Surat Edaran Rektor Nomor 279 Tahun 2020 tentang Pelakunaan Kegiatan Akademik dalam Masa Pencegahan dan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.

"Masa penyelesaian studi bagi calon wisudawan/wati ke-84 diperpanjang satu bulan dari jadwal semula. Masa pendaftaran ulang atau registrasi mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 diperpunjang dua minggu dari jadwal semula," kata Eka.

Dalam surat itu juga disebutkan, bahwa pelaksanaan tugas akhir semeter (UAS) dilaksanakan pada 22 Juni sampai 9 Juli 2020 dengan menggunakan e-learning atau media daring.

Tak hanya itu, lanjut Eka, tugas akhir perkuliahan program Diploma atau Sarjana bagi mahasiswa yang sedang melakukan proses penulisan dan pembimbingan tugas akhir atau skripsi pada semester genap tahun akademik 2019-2020 dapat diganti dengan bentuk lain.

"Seperti penulisan artikel yang dipublikasikan pada jurnal terindeks pada moraref (bisa diakses di www.moraref.kemenag.go.id) atau penulisan buku ber-ISBN di bawah supervisi dosen pembimbing yang ditetupkan oleh pimpinan Fakultas," ulas Eka.

Sementara Tugas Akhir perkuliahan program Diploma atau Sarjana bagi mabasiswa yang sedang melakukan proses penulisan dan pembimbingan tugas akhir atau skripsi pada semester genap tahun akademik 2019-2020 dapat dialihkan kepada penelitian berbasis online, studi literatur, studi media, ataupun dalam bentuk survei online atas persetujuan pembimbing dan Ketua Program Studi.

"Pelaksanaan seminar proposal program diploma dan sarjana yang akan atau sedang berjalan pada semester genap tahun akademik 2019/2020 tetap terhenti akibat pandemi Covid -19, dapat dialihkan kepada penelitian berbasis online, studi literatur, studi media, ataupun dalam bentuk survei online atas persetujuan narasumber, dan Ketua Program Studi," imbuh Eka.

Terakhir untuk seminar proposal dan ujian tugas akhir mahasiswa yang semula ditetapkan untuk dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi video conference dapat dilaksanakun dengan media daring lainnya dan penilaiannya sesuai dengan kondisi pada masa covid-19. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]