Wabah Corona Melanda Penjara Filipina, Hampir 10 Ribu Tahanan Dibebaskan


Sabtu, 02 Mei 2020 - 18:50:06 WIB
Wabah Corona Melanda Penjara Filipina, Hampir 10 Ribu Tahanan Dibebaskan Ilustrasi

MANILA, HARIANHALUAN.COM -  Hampir 10 ribu tahanan telah dibebaskan di Filipina, seiring negeri itu berjuang untuk meredam penyebaran virus Corona di penjara-penjara yang penuh sesak.

"Pengadilan sangat menyadari situasi penuh sesak di penjara-penjara kita," kata hakim Mahkamah Agung Filipina, Mario Victor Leonen kepada para wartawan saat dia mengumumkan pembebasan 9.731 tahanan, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/5/2020).

Baca Juga : Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Pakistan Tembus Rekor

Langkah ini diambil menyusul perintah ke pengadilan-pengadilan negeri untuk membebaskan mereka yang dipenjara karena tak mampu membayar uang jaminan sembari menunggu proses persidangan.

Wabah COVID-19 dilaporkan terjadi di sejumlah penjara yang penuh sesak di negeri itu, yang berdampak pada para tahanan dan petugas penjara.

Baca Juga : Perawat Florida Terancam Bui 5 Tahun, Usai Ancam Bunuh Kamala Harris

Wabah terparah sejauh ini ada di dua penjara di Pulau Cebu, di mana dua penjara tersebut mengumumkan total 348 kasus Corona di antara lebih dari 8 ribu tahanan.

Social distancing mustahil dilakukan di penjara-penjara Filipina, di mana sel-sel biasanya dihuni lima kali lebih banyak dari kapasitas.

Baca Juga : Ikuti Langkah AS, Giliran Ceko Usir 18 Diplomat Rusia

Masalah penjara yang penuh sesak itu kian menjadi-jadi sejak Presiden Rodrigo Duterte memulai operasi pemberantasan narkoba pada tahun 2016, yang telah menyebabkan ribuan orang dipenjara. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]