Ini Kata Tokopedia Terkait Bocornya 15 Juta Data Pengguna


Ahad, 03 Mei 2020 - 08:07:20 WIB
Ini Kata Tokopedia Terkait Bocornya 15 Juta Data Pengguna Tokopedia

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 15 juta data pengguna Tokopedia ditenggarai bocor di forum dark web. Perusahaan e-commerce besutan William Tanuwijaya ini angkat bicara mengenai hal tersebut. VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna.

Pasalnya bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. "Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia," tegas Nuraini saat dilansir dari detikINET, Sabtu (2/5/2020).

Berkaitan dengan isu yang beredar, Tokopedia menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna. Namun mereka memastikan informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi. "Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar Nuraini.

Tokopedia disebutkan turut menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Karena itu mereka kerap mewanti-wanti pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun. "Saat ini, kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan," pungkas Nuraini.

Sebelumnya diberitakan belasan juta data pribadi pengguna Tokopedia dituding bocor dan ditawarkan di forum online. Informasi tersebut diungkap akun Twitter @underthebreach. Disebutkan peretasan terjadi pada Maret 2020, ini mempengaruhi 15 juta pengguna meskipun peretas mengatakan ada lebih banyak data yang dimiliki. "Basis data berisi email, hash kata sandi, nama," terang akun @underthebreach. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 20:05:25 WIB

    Bermodalkan Video Pendek, Begini 7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

    Bermodalkan Video Pendek, Begini 7 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok HARIANHALUAN.COM - TikTok saat ini menjadi salah satu aplikasi yang banyak digandrungi banyak orang. Tak hanya anak remaja tapi orang dewasa juga menggunakan aplikasi berbagi video pendek tersebut. Tak sedikit dari mereka yan.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 16:42:50 WIB

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik

    Ini Tips Bikin Status WhatsApp agar Terlihat Menarik HARIANHALUAN.COM - WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang bisa diunduh di Android dan iOS. WhatsApp menyediakan berbagai macam fitur, termasuk fitur Status yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto atau teks..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 20:39:51 WIB

    2 Alat Ini Bisa Melenyapkan Covid-19 yang Menyebar di Udara

    2 Alat Ini Bisa Melenyapkan Covid-19 yang Menyebar di Udara HARIANHALUAN.COM - Masyarakat kembali dibuat khawatir dengan kabar yang menyebut jika Covid-19 bisa menyebar melalui udara alias airborne..
  • Senin, 13 Juli 2020 - 15:59:07 WIB

    Kini Perpanjang STNK Bisa via Aplikasi Gojek, Berikut Caranya

    Kini Perpanjang STNK Bisa via Aplikasi Gojek, Berikut Caranya HARIANHALUAN.COM - Gojek bersama JumpaPay meluncurkan layanan GoService, guna memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk membayar pajak kendaraan serta mengurus berbagai administrasi surat-surat kendaraan bermotor..
  • Senin, 13 Juli 2020 - 08:19:35 WIB

    11 Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Kuras Dompet Anda

    11 Aplikasi Berbahaya Ini Bisa Kuras Dompet Anda HARIANHALUAN.COM - 11 Aplikasi Android terpaksa ditarik dari Google Play Store karena disusupi malware jenis baru. Malware jahat ini berpotensi menguras dompet pengguna yang tidak berhati-hati..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]