Perhatian! Setelah Covid-19, Masalah Ini Menanti Umat di Dunia


Ahad, 03 Mei 2020 - 13:04:41 WIB
Perhatian! Setelah Covid-19, Masalah Ini Menanti Umat di Dunia Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengingatkan, setelah pandemi Covid-19 berhasil diatasi, umat manusia masih punya masalah besar yang harus ditangani. Masalah yang menurut dia jauh lebih besar dibandingkan Covid-19 itu adalah soal perubahan iklim.

"Bukan hanya pandemi, tapi ada yang potensinya lebih besar lagi yaitu climate change (perubahan iklim)," kata Nadiem dalam acara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang disiarkan secara daring, Sabtu (2/5).

Ia mengatakan, ancaman perubahan iklim terhadap kehidupan manusia sudah diingatkan oleh hampir semua ilmuan di dunia. Ia pun berharap agar umat manusia tak mengulangi kesalahan yang sama seperti saat menghadapi pandemi Covid-19.

Sebelumnya manusia cenderung abai atas peringatan para ilmuwan soal ancaman pandemi yang sudah dinyatakan sejak beberapa tahun lalu.

"Marilah kita belajar dari Covid-19 untuk mendengarkan scientist seluruh dunia yang sudah sepakat bahwa climate change merupakan problem manusia ke depan," ujar Nadiem.

Ia menegaskan, jika umat manusia kembali enggan mendengarkan ilmuan, bencana lebih parah dari Covid-19 akan melanda. Terlebih, penanganan masalah perubahan iklim menuntut kerja sama seluruh umat manusia.

"Harapan saya, kita kapok sama Covid-19 ini. Sehingga kita sadar bahwa perubahan iklim harus kita tangani sebagai spesies manusia secara serentak sekarang. Tidak bisa ditunda lagi," katanya menegaskan.

Ia pun mengaku akan ikut membantu mengatasi permasanlah perubahan iklim lewat jalur pendidikan. Pihaknya akan berupaya memfokuskan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada isu perubahan iklim. Termasuk terkait tindakan-tindakan yang harus diambil untuk mengatasinya.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]