Kabar Gembira! Kemenag Bersama XL Axiata Luncurkan 'Akademi Madrasah Digital 2020' Bagi Seluruh Siswa Madrasah


Ahad, 03 Mei 2020 - 21:55:59 WIB
Kabar Gembira! Kemenag Bersama XL Axiata Luncurkan 'Akademi Madrasah Digital 2020' Bagi Seluruh Siswa Madrasah Kemenag Bersama XL Axiata meluncurkan program “Akademi Madrasah Digital 2020” bagi seluruh siswa Madrasah se-Indonesia.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) dan XL Axiata meluncurkan program terbaru, yaitu Akademi Madrasah Digital (AMD) 2020. Melalui AMD 2020 ini para siswa Madrasah Aliyah (MA) diharapkan akan mendapatkan pembelajaran mengenai dasar-dasar digitalisasi guna meningkatkan kapabilitas dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Penyelenggaraan program ini nantinya akan menggunakan platform digital di Laboratorium IOT (Internet of Things) X-Camp milik XL Axiata.

Program AMD 2020 ini terbuka bagi para pelajar Madrasah Aliyah Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia yang telah duduk di kelas 11.

Untuk Angkatan pertama tahun ini AMD 2020 akan menerima 100 peserta. Pendaftaran AMD 2020 telah dibuka sejak 17 April-31 Mei 2020 melalui websitehttps://madrasah.kemenag.go.id/akademidigital.

Selain data diri, calon peserta juga diwajibkan untuk menjelaskan prototype hasil karya ilmiah sendiri baik yang pernah dibuat maupun yang masih dalam perencanaan ke dalam bentuk video/tulisan.

Proses penilaian karya ilmiah ini akan berlangsung pada 1-6 Juni 2020. Penilaian hingga seleksi akan dilakukan secara langsung oleh XL Axiata bersama Kemenag.

Direktur KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Dr. H Ahmad Umar, MA.mengatakan, serangkaian program digagas kemenag bersama XL Axiata untuk menumbuhkan semangat digitalisasi bagi para pelajar Madrasah Aliyah saat ini.

“Bersama XL Axiata kami telah menjalankan serangkaian program yang digagas untuk menumbuhkan semangat digitalisasi bagi para pelajar Madrasah Aliyah saat ini. Didahului dengan pendistribusian fasilitas internet berkecepatan tinggi ke lebih dari 800 MA sepanjang 2018-2019, kemudian dilanjutkan dengan Madrasah BootCamp, kini XL Axiata menghadirkan Akademi Madrasah Digital 2020. Melalui program AMD 2020 ini kami berharap kapabilitas para siswa MA akan bisa terus meningkat, terutama terkait dengan pemenuhan kebutuhan kompetensi yang sesuai dengan Revolusi Industri 4.0," ungkapnya.

Sementara itu, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyampaikan, para peserra yang lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan online dan offline.

“Akademi Madrasah Digital 2020 ini dirancang secara khusus dengan melihat kebutuhan para pelajar Madrasah Aliyah di Indonesia. Para peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan serangkaian pelatihan online melalui https://elearn.id/dan offline yang diisi dengan sederet materi pendukung. XL Axiata juga akan melibatkan sejumlah karyawan berpengalaman untuk mendukung program ini secara langsung," jelasnya.

Melalui program ini, ia berharap bisa mendorong seluruh peserta untuk mewujudkan ide serta gagasan hingga menjadi suatu produk bermanfaat, bernilai teknologi tinggi, dan dapat dipasarkan.

Hasil seleksi akan diumumkan melalui channel resmi XL Axiata dan Kemenag pada 7 Juni 2020. Konfirmasi kesediaan peserta mengikuti pelatihan disampaikan dalam rentang7-9 Juni 2020. Selanjutnya peserta akan mulai mengikuti seluruh pelatihanonline dan offline selama enam bulan. Program ini tidak memungut biaya apapun kepada peserta.

Pelatihan online akan berlangsung pada 10 Juni-15 September 2020 kemudian dilanjutkan dengan pelatihan offline yang tentunya mengacu kepada perkembangan situasi wabah Covid-19 di Indonesia. Materi-materi yang akan diajarkan pada program ini antara lain mencakup Digital Mindset, Ecosystem Digital, Design Thinking, Agile Mindset, dan Business Setup. Seusai pelatihan, siswa akan diarahkan untuk membuat prototipe karya digital berbasisInternet of Things (IoT) yang sesuai kebutuhan masyarakat. (*)

Reporter : Yessi Yeswita /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 15:50:26 WIB

    Kabar Gembira! Spotify Beri Layanan Premium Gratis hingga Juni

    Kabar Gembira! Spotify Beri Layanan Premium Gratis hingga Juni HARIANHALUAN.COM - Aplikasi streaming musik, Spotify menawarkan dua penawaran baru untuk menarik penggunanya untuk beralih ke layanan berlangganan premiumnya. Dikabarkan pengguna Spotify baru bisa mendapatkan tiga bulan grati.
  • Senin, 11 Mei 2020 - 07:12:48 WIB

    Setelah Tokopedia, Data User di Bhinneka juga Dikabarkan Bocor

    Setelah Tokopedia, Data User di Bhinneka juga Dikabarkan Bocor Rangkaian penjualan data pengguna e-commerce tanah air di dark web masih berlanjut. Usai Tokopedia, kini giliran Bhinneka.com yang jadi sasaran. Pada Minggu (10/5/2020), Zdnet memberitakan grup hacker ShinyHunters mengklaim m.
  • Kamis, 16 April 2020 - 12:38:34 WIB

    Kabar Gembira! Google Luncurkan Situs Mengajar dari Rumah untuk Tendik

    Kabar Gembira! Google Luncurkan Situs Mengajar dari Rumah untuk Tendik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Google tak henti-henti memberikan pembaruan guna mendukung kegiatan work from home ditengah merebaknya pandemi virus corona hampir diseluruh dunia. Melalui kerjasama nya dengan Kementrian Pendid.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 10:16:56 WIB

    Kabar Baik! Akses Situs Resmi Informasi Corona Kini Bebas Kuota

    Kabar Baik! Akses Situs Resmi Informasi Corona Kini Bebas Kuota TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Sejak masyarakat secara serentak melakukan imbauan dari Pemerintah RI untuk beraktivitas seperti belajar, bekerja dan beribadah di rumah dalam rangka mengupayakan pencegahan perluasan virus COVID-19.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 18:00:45 WIB

    Kabar Duka! Pencipta Copy dan Paste Meninggal Dunia

    Kabar Duka! Pencipta Copy dan Paste Meninggal Dunia TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Pengguna komputer tentu sangat dimudahkan dengan fitur copy paste serta cut. Kabar duka menyeruak, ilmuwan yang menciptakannya meninggal dunia. Larry Tesler, menghembuskan napas terakhir di usia 74 .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]