Gubernur Sumbar Tinjau IGD M Jamil Padang yang Dipersiapkan untuk Pelayanan Corona


Ahad, 03 Mei 2020 - 22:56:41 WIB
Gubernur Sumbar Tinjau IGD M Jamil Padang yang Dipersiapkan untuk Pelayanan Corona Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Foto: Metria Indeswara

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno (IP) mendatangi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Jamil Padang atas undangan dari Direktur Utama M Jamil, Yusirwan, Minggu (3/5/2020). Kedatangan IP untuk melihat IGD RSUP M Jamil yang dipersiapkan sepenuhnya untuk pelayanan Covid-19.

"Insyaallah mulai Senin (4/5/2020) M jamil sudah menerima semua pasien yang masuk IGD dengan pelayanan Covid-19," kata pria nomor satu di Sumbar ini.

IP menyebut, nantinya semua pasien yang masuk IGD akan dilayani dengan standar dan prosedur Covid-19, setelah di dalam ruangan akan dilakukan screening mana pasien Covid-19 mana yang tidak.

"Semuanya sudah dipersiapkan, sudah banyak yang dirubah, dan ruangan juga sudah disetting," tambahnya.

Lanjut IP menuturkan, kematian di Sumbar tidak sepenuhnya disebabkan oleh Covid-19, melainkan karena berbagai penyakit bawaan, di antaranya jantung, hipertensi, penyakit gula dan lainnya.

"Kalau IGD belum melakukan screening bisa gawat, kematian akan tinggi jumlahnya, jadi dengan adanya IGD yang menangani covid diharapkan pasien langsung tertangani secara terpadu, baik dan lengkap," katanya.

Tujuan dilaksanakan screening serta penanganan Covid-19 ini agar dapat diketahui segera penyakit pasien sehingga kesembuhan akan meningkat dan pasien terlayani dengan baik. Untuk mendukung program tersebut, pemerintah provinsi telah menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam jumlah yang banyak seperti pengadaan masker N95, level 3 medis.

"Kita juga sudah di dukung oleh banyak pihak, selain M Jamil, lima rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya juga disediakan hal yang sama, di antaranya RS Rasyidin, Ahmad Mochtar, rumah sakit di Pariaman, Semen Padang Hospital dan RS Unand," katanya.

Selain itu, IP juga sudah menyurati semua bupati dan walikota se-Sumbar agar setiap rumah sakit, puskesmas sampai elemen terkecil pun harus menggunakan APD.

"Kita belajar dari pengalaman epicentrum positif Covid-19 di Tarusan dari puskesmas, kemudian di Padang Panjang juga dari IGD RSUD, satu kasus yang meninggal di Pariaman juga dari pelayanan puskesmas, selain dukungan dari berbagai pihak, kita juga sudah meluncurkan dana demi tercukupi kebutuhan ini," jelasnya.

Untuk diketahui, RSUP M Jamil Padang dalam satu hari setidaknya membutuhkan sekitar 350 APD. (*)

loading...
Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]