Seorang dari Tiga Kasus Positif Covid-19 di Mentawai Dinyatakan Sembuh


Senin, 04 Mei 2020 - 16:43:55 WIB
Seorang dari Tiga Kasus Positif Covid-19 di Mentawai Dinyatakan Sembuh Juru Bicara (Jubir) percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Setelah dua kali berturut-turut hasil swab menerangkan negatif terhadap salah seorang pasien yang dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 pada 8 Maret lalu di Kepulauan Mentawai, dia akhirnya sembuh total. Hal itu dikatakan Juru Bicara (Jubir) percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar kepada wartawan di Tuapejat, Senin (4/5/2020).

Dimana, pasien dengan kode 324i tersebut telah menjalani masa isolasi selama kurang lebih 27 hari di RSUD Mentawai. Pasien ini sudah menjalani masa isolasi di RSUD Mentawai sejak 8 April lalu dan yang bersangkutan melalui hasil swab PCR dinyatakan positif terpapar corona, kemudian setelah dilakukan lagi swab dua kali secara berturut-turut hasilnya negatif dan sekarang sudah sembuh.

"Saat ini, ada dua orang lagi yang positif di RSUD Mentawai," kata Lahmuddin yang juga merupakan Kadinkes Mentawai tersebut.

Kendati demikian, kata Lahmuddin, pasien yang dinyatakan sembuh tersebut belum dibolehkan pulang dikarenakan dusun tempat yang bersangkutan tinggal  telah memberlakukan karantina wilayah. Di dusun tersebut tercatat dua orang positif Covid-19, salah satunya adalah yang bersangkutan yang sudah dinyatakan sembuh dan satu lagi saudara perempuan yang bersangkutan.

"Untuk sementara pasien yang sudah sembuh masih berada di RSUD Mentawai, namun bukan di ruangan isolasi lagi, melainkan di ruangan khusus. Selanjutnya, kami dari tim gugus tugas akan mencari solusi yang lebih aman, dikhawatirkan jika yang bersangkutan pulang bisa-bisa tertular lagi, karena dusun tempat tinggalnya masih merupakan kawasan terjangkit virus corona," paparnya.

Sementara, berdasarkan update corona di Mentawai hari ini, 29 ODP (Orang Dalam Pantauan) sudah keluar dan status ODP sekarang 0 orang, kemudian 2 orang PDP juga sudah dinyatakan negatif. Selanjutnya, pelaku perjalanan atau orang yang datang dari luar Mentawai per tanggal 3 Mei sebanyak 1.092 orang, pemantauan kurang dari 14 hari sebanyak 197 orang dan pemantauan diatas 14 hari sebanyak 895 orang. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]