Hasil Tes Ulang Corona, Solok Selatan Masih Aman dari ODP dan OTG


Selasa, 05 Mei 2020 - 06:04:08 WIB
Hasil Tes Ulang Corona, Solok Selatan Masih Aman dari ODP dan OTG Ilustrasi virus corona/COVID-19.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menilai, virus Corona atau Covid-19 di Sumbar sudah mulai berkurang, termasuk di Pesisir Selatan dari 16 positif. Pasalnya dalam 1 (satu) Minggu hasil swab menunjukkan tidak ada yang positif. Jika terus terjadi maka tinggal penyembuhan dari 16 tersebut.

"Ini merupakan hasil trackingnya mulai bagus, Pasaman Timur sudah mulai membaik, termasuk juga Kota Bukittinggi kemarin sempat urutan kedua tertinggi Covid-19 yang positif, sejak diberlakukan PSBB sekarang jadi negatif," ujar Irwan, kemarin.

Dari lima kota kabupaten itu, kata Irwan, ada hasil tes ulang dengan metode polemik hasilnya negatif. Di antaranya yang paling aman adalah Solok Selatan. Maka dari itu pula, jika Solsel mau lepas dari PSBB atau tidak, akan diputuskan lewat rapat Vidcon dengan kabupaten Kota, hari ini Selasa (5/5/2020).

Irwan menjelaskan, testing ini dilakukan melalui metode polemik dari Laboratorium RK Unand dan direkomendasikan dengan random 100 spesimen. Bahwa Solok Selatan sebetulnya sudah daerah aman dari ODP, OTG termasuk pendatang sudah ditesting juga dengan pendekatan metode pol ini.

Lebih lanjut, sebut Irwan, untuk 4 (empat) daerah lainnya juga negatif akan tetapi untuk mengawal dan mengisolasi agak berat. Alasannya, empat daerah tersebut merupakan daerah perbatasan, daerah perlintasan, dan banyak pergerakan.

"Empat daerah itu yang kita khawatirkan. Sementara, Solok Selatan memang akses masuk dan keluarnya sudah terhambat," ulas Irwan.

Sebelumnya, jalan lintas Padang-Solok Selatan sudah putus total akibat timbunan material longsor sehingga orang dari luar tidak bisa masuk. "Sudah lockdown alam, gak bisa lagi orang keluar masuk dan menularkan," sebut Irwan. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]