Meski PSBB, Sejumlah Jalanan Kota Padang Masih Ramai Pengendara di Malam Hari


Selasa, 05 Mei 2020 - 06:11:28 WIB
Meski PSBB, Sejumlah Jalanan Kota Padang Masih Ramai Pengendara di Malam Hari Suasana Jalan Sawahan, Kota Padang saat malam hari. Masih terlihat ramai walaupun sudah diterapkan PSBB.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Padang, Sumbar sesi pertama telah berlangsung sejak 22 April dan berakhir 5 Mei 2020. Namun, PSBB yang diberlakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 belum efektif. Pasalnya, arus lalu lintas di jalanan kota Padang masih ramai kendaraan.

Pantauan Harianhaluan.com, Senin malam (4/5/2020), PSBB di Kota Padang nampaknya tidak terlalu dipedulikan warga. Hal itu dibuktikan dari ramainya arus lalu lintas saat malam hari, meskipun pasien positif virus Corona di daerah itu terus meningkat. Namun saat PSBB sudah diberlakukan, warga tetap keluyuran di luar rumah.

Salah satu lokasi yang terlihat ramai adalah Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur. Di depan SPBU Sawahan arus kendaraan terlihat cukup padat dari arah Simpang Haru menuju Jati dan sebaliknya. Banyak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker. Ada pula yang menggunakan masker tapi tidak memakai helm.

Hal serupa juga terlihat di sepanjang Tugu Padang Area Simpang Haru hingga Jalan Marapalam. Di lokasi ini arus kendaraan justru terlihat padat. Penjual gorengan, sate, lontong, teh telur, dan lain-lain ramai dikunjungi pembeli di sekitaran Tugu tersebut. Tak ada yang mengindahkan jaga jarak (physical distancing).

Salah seorang warga Padang, Ronal mengatakan, dirinya terpaksa keluar malam karena ingin membeli makanan. Apalagi stok makanan di rumah tidak banyak. "Perut lapar, makanya saya keluar. Keliling cari makanan untuk dibawa pulang. Biasanya saya cari sekitar Simpang Haru karena tidak jauh dari rumah," ujar Ronal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri berpendapat, saat PSBB diterapkan seharusnya jalanan sepi. Namun kenyataannya jalanan di Kota Padang masih ramai. Banyak kendaraan lalu lalang. Kebanyakan warga keluar rumah pada sore hari atau menjelang berbuka. Mereka umumnya berburu takjil.

"Terasa kalau PSBB itu sepi, namun sepinya ini tidak bertemu dengan kita. Masih banyak lalu lalang kendaraan," kata Dian Fakri.
 
Dian menambahkan dalam aturan PSBB orang hendaknya berdiam diri di rumah. Masyarakat hanya boleh ke luar rumah untuk memenuhi kebutuhan pokok dan bekerja di sektor yang diizinkan selama PSBB. 

"Banyak juga orang keluar, tidak tahu saya orang keluar untuk memenuhi kebutuhan pokok atau apa. Saya lihat di Kuranji ini makin ramai," ungkapnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]