Kabar Baik! Ribuan Mahasiswa Mentawai Bakal Terima Bantuan Tunai


Selasa, 05 Mei 2020 - 22:49:00 WIB
Kabar Baik! Ribuan Mahasiswa Mentawai Bakal Terima Bantuan Tunai Kepala Dinsos P3A Mentawai Nicolaus Sorot Ogok.

MENTAWAI, HARIANHALUAN -- Sekitar 1500 mahasiswa dan mahasiswi Mentawai yang terjebak di luar daerah Mentawai sudah terdata bakal menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp700 ribu. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Mentawai Nicolaus Sorot Ogok kepada wartawan, Selasa (5/5/2020) di Aula Kantor Sekretariat Daerah Mentawai. 

Dia menyebutkan bahwa pencairan dana bantuan tersebut telah berproses sejak Senin (4/5/2020). Namun, untuk pengiriman dana bantuan ke masing-masing mahasiswa Mentawai butuh proses verifikasi data yang valid sehingga bantuan tersebut sampai ke mahasiswa yang bersangkutan. Untuk tahap awal, bagi 593 mahasiswa akan segera ditransfer.

"Kita akui memang agak tersendat karena proses verifikasi data, sebab ada data yang tidak sesuai antara data di buku rekening dengan data yang dilaporkan. Kadang ada sebagian data menyertakan suku di rekening, sementara pada data yang dilaporkan tidak, karena kita harus hati-hati dengan data agar bantuan tepat sasaran," ucapnya.

Sementara itu, bantuan uang tunai tersebut diberikan kepada mahasiswa Mentawai di luar program beasiswa yang masih berada di luar daerah Mentawai, dikarenakan terjebak tidak bisa pulang akibat adanya aturan pemerintah terkait karantina wilayah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kalau mahasiswa program beasiswa memang sudah jelas mereka dibiayai pemerintah sampai tamat, jadi mereka sudah mendapatkan lebih, sementara bantuan tunai ini kita berikan untuk sekali pengiriman saja, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, diharapkan mahasiswa Mentawai menunda pulang kampung," paparnya. 

Sementara itu, bagi mahasiswa Mentawai yang saat ini menjalani karantina di posko yang sudah disiapkan Pemkab Mentawai di Padang, kata Nicolaus beda lagi, mereka akan mendapatkan bantuan berupa sembako, sebab sepanjang masa karantina wilayah tidak diizinkan keluar rumah. 

"Kalau mahasiswa yang masih bisa keluar rumah mereka kan bisa melakukan penarikan di ATM, tapi bagi yang sedang dikarantina tentu tidak bisa kemana-mana. Kita minta bagi mahasiswa yang belum memiliki rekening segera membuat buku rekening, kalau bisa rekening Bank Nagari untuk mempermudah proses pengiriman," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]