Maklumat MUI Padang Terkait Salat Jumat, MUI: Boleh Dilaksanakan Asal ada Jaminan


Rabu, 06 Mei 2020 - 11:47:33 WIB
Maklumat MUI Padang Terkait Salat Jumat, MUI: Boleh Dilaksanakan Asal ada Jaminan Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang mengeluarkan maklumat dan tausiyah dengan nomor 007/Mui-SB/V/2020, poin ke tiga yang menerangkan bagi daerah yang tidak ada menunjukkan kasus positif Covid-19, secara bertahap pelaksanaan Salat Jumat bisa ditunaikan di masjid.

Pelaksanaan tersebut boleh dilakukan selama ada jaminan dari pemerintah setempat bahwa daerah tersebut dinyatakan aman dari penularan wabah Corona, sehingga umat tidak mengantarkan diri pada kebiasaan.

"MUI kabupaten dan kota dapat mengeluarkan maklumat teknis terkait pelaksanaan ibadah Jumat dan ibadah berjamaah lainnya," kata Ketua Umum MUI Kota Padang, Duski Samad pada rapat vidcom aplikasi zoom MUI dan gugus tugas MUI Kota Padang, pukul 21.00 WIB, Selasa (5/5/2020).

Peluang untuk segera melakukan ibadah Jumat menjadi kehendak kuat dari umat di Kota Padang. Beragam bahasa, ungkapan dan harapan disampaikan umat pada pengurus MUI Kota Padang, khususnya kecamatan dan kelurahan yang belum ada terinfeksi Covid19 di tempatnya.

Maklumat dan tausiyah tersebut dirumuskan Ketua Bidang Fatwa dan Sekum MUI dengan konsideran dalil dan kaidah fiqiyah sesuai kebutuhan. Selain itu, MUI Padang harus lebih mendahulukan Saddud zariah (preventif) dengan mengacu pada Maklumat MUI Provinsi No. 7 thn 2020. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]